You need to enable javaScript to run this app.

Penguatan Pembelajaran Perhotelan dan Kewirausahaan bersama Guru Tamu

  • Jum'at, 02 Februari 2024
  • Tim Jurnalistik
  • 0 komentar
Penguatan Pembelajaran Perhotelan dan Kewirausahaan bersama Guru Tamu

 

Rangkaian kegiatan penguatan pembelajaran bersama guru tamu dari dunia industri dan dunia kerja kompetensi Keahlian diselenggarakan pada bulan Januari 2024. Kegiatan ini menyasar kelas XI dan kelas XII Perhotelan. Kelas XI penguatan pada konsentrasi housekeeping khususnya penatu (laundry) dan kelas XII layanan minuman.

Penguatan pembelajaran Perhotelan termasuk penguatan kewirausahaan dilaksanaan hari Kamis, 25 Januari 2024 bagi kelas XI Perhotelan 1 dan Kamis, 31 Januari 2024 bagi kelas XI Perhotelan 2.

Penguatan pembelajaran penatu mengambil tema shoes laundry bermitra dengan alumni Perhotelan yang memiliki usaha pencucian sepatu. Alumni Perhotelan tahun 2023 Restu Mahendra memberikan paparan terkait jenis-jenis bahan sepatu, bagian-bagian sepatu, bahan dan alat pembersih maupun pengering sepatu dan pengemasan sepatu pelanggan. Setelah paparan teoretis dilanjutkan praktik mencuci sepatu. 

Ida Syukriyah, S.Pd. guru pengampu mengungkapkan dengan penajaman pembelajaran pencucian sepatu diharapkan murid tidak hanya mendapatkan pengalaman pembelajaran bermakna, namun bisa lebih kreatif dalam mencuci sepatu minimal sepatu miliknya sendiri sekaligus alternatif membuka usaha pencucian sepatu yang masih jarang dijumpai.

Murid kelas XII Perhotelan belajar Coffee & Latte Art pada hari Selasa-Rabu, 16-17 Januari 2024 kolaborasi dengan PT. Nestra Kottama Indonesia. Pembelajaran secara teoretis dan praktik oleh Dr. Eka Yuli Astuti, M.A., Bp. Sigit Ismaryanto, S.E. dan tim barista dari Nestra Coffee Nepal Van Java.  

Pemaparan materi dimulai dari job profile barista, proses kopi dari kebun hinga tersaji, jenis dan karakter biji kopi, pemanggangan (roasting), brewing, metode brewing, gravity, alat dan bahan, dan teknik-teknik menyeduh kopi.

Rita Wahjuningsih, S.Pd. Guru pengampu mata pelajaran Food & Beverage berharap dengan pembelajaran bersama guru tamu maka murid lebih mengenal macam-macam sajian minuman hangat khususnya kopi dengan memadukan unsur kreativitas dan seni serta dapat menjajaki peluang usaha minuman siap saji kopi.

Murid Perhotelan kelas XI dan XII sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan guru tamu karena mendapatkan pengalaman pembelajaran otentik sekaligus bisa langsung praktikum di depan para ahli dari mitra dunia industri dan dunia kerja yang didatangkan.

#SMKPariwisata

#Perhotelan

#SMKBisaHebatSiapKerjaSantunMandiriKreatif

 

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner