You need to enable javaScript to run this app.

Aprilia dan Inez Menjuarai Lomba Desain Kebaya Ecoprint 2023

  • Selasa, 19 Desember 2023
  • Tim Jurnalistik
  • 0 komentar
Aprilia dan Inez Menjuarai Lomba Desain Kebaya Ecoprint 2023

MAGELANG- Prestasi  terbaik kembali diraih oleh  siswa busana  SMKN 3 Magelang, April Enggar Saputri  yang meraih juara pertama dan  Syakira Inez Syahda Ramadhani yang menjadi juara kedua dalam kegiatan lomba Desain Kebaya Ecoprint yang diselenggarakan  komunitas Ecoprint  Kabupaten Magelang pada Minggu 17 Desember 2023 di Hotel Trio Magelang.

Kegiatan lomba  dalam rangka memperingati hari Ibu tahun 2023  diikuti oleh peserta  kategori umum dan pelajar dari Kabupaten Temanggung, Magelang  dan sekitarnya.

Kriteria penilaian lomba  meliputi unsur orisinalitas desain, kesesuaian konsep dan total look  yang dikemas melalui kegiatan fashion show .

 

 Desainer Aprillia Enggar Saputri, putri dari Bapak Zainal Arifin dan Ibu Ismiyati yang tinggal di Maliyan Kalinegoro Mertoyudan, mengangkat  tema  Nismara Kebaya yang terinspirasi dari keindahan  tumbuhan hijau yang dipadukan dengan warna dan bentuk dari sayuran arthicoke. Kata Nismara sendiri mempunyai arti ketenangan, warna - warna kalem dan tidak mencolok diaplikasikan pada  desain kebaya ini. Kebaya  didesain menggunakan look casual elegan. Model kebaya kutu baru , menggunakan lengan balon, dan  variasi obi menjadikan kebaya ini terlihat modis. Bahan utamanya adalah kain ecoprint  warna dasar hijau lumut dan putih tulang. Dipadukan dengan  kain tenun  polos hijau lumut untuk bagian bawahnya dikenakan dengan cara dililit  menjadikan total look  kebaya terlihat lebih fashionable, modern tetapi tidak meninggalkan unsur budaya Indonesia .Kebaya ini sangat cocok  dikenakan  oleh wanita dewasa muda untuk acara acara formal dan nonformal.

 

Sedangkan karya desainer berbakat Syakira Inez Syahda Ramadhani, putri dari Bapak Yayan Ardianto dan Ibu Yeni Kurniawati beralamat di Tidar Baru Magersari Magelang, menjadi juara kedua dalam kegiatan lomba tersebut bertajuk Andhira Kebaya.  Kebaya ini  terinspirasi dari bunga tabebuya yang sedang bermekaran di jalanan Kota Magelang. Andhira sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti berani dan kuat seperti bunga tabebuya yang melambangkan keberanian dan kekuatan. Diharapkan nantinya sang pemakai selalu tampil berani dan percaya diri ketika mengenakannya. Andhira Kebaya adalah kebaya casual modern dengan menggunakan konsep zero waste. Andhira Kebaya ini menggunakan material utama berupa kain Ecoprint  warna dasar  krem,  bermotif bunga dan daun pink hijau  dipadukan dengan rok lilit  kain tenun motif hujan gerimis berwarna pink. Target marketnya pada remaja dan wanita dewasa muda. Kebaya ini cocok untuk para remaja  yang mempunyai style 'cewe kue' karena warnanya yang segar,manis dan cerah.

Mila Yustiana, S,Pd, M.MPar. selaku Kepala SMK Negeri 3 Magelang mengucapkan selamat kepada ananda April dan Inez atas prestasi yang diraih. Semoga  momentum ini bisa menjadi   motivasi dan inspirasi  bagi para siswa untuk lebih berani mengembangkan ide-ide kreatifnya  dan semangat dalam berkarya, khususnya dalam mengikuti ajang lomba sejenis. “Jangan pernah takut untuk  mengeksplor kompetensi kalian, tetap semangat dalam meraih  mimpi dan cita-cita kalian, “ tambahnya di sela-sela  waktu istirahat siangnya.

Penulis Tim Jurnalistik Skaniga ( Yuli Hastuti/ Annis Muntholiah/ Umi Khayah R)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner