SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Kepala Sekolahku, Guru Inspiratifku

Jum'at, 05 Juni 2020 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 281 Kali

     Hari ini Jumat, 5 Juni 2020 adalah lembaran baru pranatan anyar di lingkungan SMK Negeri 3 Magelang. Kenormalan baru, pranatan anyar maupun adaptasi kebiasaan baru adalah beberapa padanan dari New Normal yang saat ini sedang bergaung di tengah masyarakat tak terkecuali di SMK Negeri 3 Magelang. Gempuran istilah berbahasa Inggris begitu signifikan terutama selama pandemi Covid-19.

     Penerapan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah pun di laksanakan serta diimbangi dengan Germas. Selain menyesuaikan dengan kondisi baru untuk kembali lebih produktif, guru pun harus selalu memperbaharui sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki terutama literasi digital.

    Kegiatan pelatihan optimalisasi pemelajaran jarak jauh bagi guru kompetensi keahlian Perhotelan  oleh Kepala SMK Negeri 3 Magelang Drs. Supriyatno, M.Pd. mulai tepat pukul 08.00-12.00 WIB diikuti oleh tujuh (7) orang guru, Iswati Ardiyanti, Rita Wahjuningsih, Tri Suparmi Nurasih, Vera Ira Maya Rohi, Ida Syukriyah, Wahyu Mafatikhul Aulia, dan Ade Ela Pratiwi.

   Sebagai seorang pemimpin, Drs. Supriyatno, M.Pd. memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang teknologi dan informasi. Dengan ikhlas sepenuh hati langsung bertindak sebagai pelatih bagi tujuh orang guru kompetensi keahlian Perhotelan. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan ‘melek dan bersahabat’ dengan teknologi khususnya LMS Moodle.

      Kondisi Covid-19 memang membuat segala sesuatu berubah secara cepat dan mendadak termasuk metode, teknik dan strategi pemelajaran oleh guru sehingga menjamin pemenuhan kualitas pendidikan bagi setiap peserta didik.

     Pola pemelajaran jarak jauh juga diupayakan Kepala Sekolah dengan membangun suatu pola pikir baru bagi guru dengan memanfaatkan Learning Management System Moodle.

    Suka tidak suka, mau tidak mau guru dituntut semakin adaptif dan bergaul akrab dengan teknologi pemelajaran yang ada untuk mengimbangi disparitas pemelajaran jarak jauh di era revolusi industri 4.0 dan pola pemelajaran abad 21.

     Pelatihan LMS Moodle bagi guru di kompetensi keahlian Perhotelan antara lain penyegaran kembali Taksonomi Bloom, bahwasannya teknologi hanyalah perantara maka perlu dibangun kebiasaan literasi. Tugas guru tidak hanya mengajar dan mendidik namun lebih dari itu seorang guru harus melatih dan mengedukasi peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif. Demikian pengantar singkat dari Kepala Sekolah pada saat memberikan pelatihan.

Materi inti LMS Moodle dimulai dengan membuat kelas, menganalisis hasil penilaian dengan memperhatikan siklus statistik, menggunggah file pemelajaran dalam bentuk teks, video, koneksi ke laman, dan membuat soal yang fokus mewakili setiap kompetensi dasar.

     Setiap butir soal per kompetensi dasar yang akan di uji disarankan agar disajikan dari level kognitif c1 (mengingat), c2(memahami), c3 (mengaplikasikan), c4 (menganalisis), c5(mengevaluasi) dan c6 (mencipta) sehingga peserta didik tidak hanya fokus pada konten namun mampu mengkritisi. Stimulus kejadian dalam praktikum untuk penalaran peserta didik.

     Penyajian pelatihan runtut dengan penyampaian yang sangat artikulatif "menggiring" pola pikir baru untuk segera meninggalkan pola konservatif guru kompetensi keahlian Perhotelan. Dengan antusias semua peserta pelatihan mempraktikkan apa yang disampaikan dan didemostrasikan oleh Kepala Sekolah. Kepala Sekolah sangat inspiratif membawa atmosfer pelatihan dengan suasana yang menyenangkan. Time flies so fastEmpat jam terasa begitu cepat berlalu.

     Selanjutnya tindak lanjut dari pelatihan adalah akselerasi pemelajaran setiap guru dalam meningkatkan kompetensinya di bidang literasi digital.

Kepala sekolahku, Guru inspiratifku. Terima kasih telah berkenan berbagi ilmu dan membimbing kami semua guru kompetensi keahlian Perhotelan dengan penuh keikhlasan, kesabaran dan sepenuh hati.

 #kepalasekolahberbagi

#LMSMoodle 

#haripertamapranatananyar

#kepalasekolahkuguruinspiratifku

#guruperhotelan

#kepalaSMKN3Magelangpunyacara

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT