SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

"PUSPAWARNA NUSANTARA" DALAM GELAR KARYA PRODUK UNGGULAN TATA BUSANA d'JeLipat

Minggu, 26 Januari 2020 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 110 Kali

SMK Negeri 3 Magelang menampilkan berbagai model busana dari karya terbaik siswa-siswi kelas XII Kompetensi keahlian Tata Busana kepada warga Magelang dan sekitarnya di Atrium Artos Mall, Minggu (26/1). Gelar Karya SMKN 3 ini bertujuan meningkatkan mutu sumber daya manusia, dalam menyiapkan tenaga terampil untuk bekerja secara mandiri maupun mengisi kesempatan kerja. Tahun ini tema yang diangkat “Puspawarna Nusantara” yang berarti beragam kain nuansa etnik dengan menggunakan kain d’JeLiPat sebagai produk unggulan dari SMK N 3 Magelang yang dipadukan dengan dengan kain-kain etnik daerah.

“Kami memilih tema ini karena kami ingin mempromosikan produk unggulan siswa kami itu sebagai tujuan utama untuk mengolah kain d’JeLiPat ataupun kain jumputan,” ujar Sus Triyati, Ketua Kompetensi Keahlian Tata Busana.

Dijelaskan bahwa desain busana yang ditampilkan adalah dari bahan produk unggulan tata busana d’JeLiPat, yang sementara ini hanya dikenal sebagai kain yang hanya dipakai untuk baju rumah saja. Oleh karena itu dengan adanya acara tersebut harapannya masyarakat menjadi tahu bahwa ternyata kain d’JeLiPat itu bisa diolah menjadi beragam jenis busana seperti busana kerja, busana pesta, busana kebaya, busana muslim, dan busana panggung atau futuristic. Untuk acara gelar kreasi tata busana ada 102 outfit diperagakan oleh 25 model dari para siswa Tata Busana.

Untuk desain para siswa berkat bimbingan para guru Tata Busana dengan pendampingan dari Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Wiwid Hosana Wijaya owner Hosana Modda Yogyakarta, dan Tatok Prihasmanto owner Butik Crisantium. Sedangkan arahan koreo para model dibimbing dan dilatih oleh mas Kevin.

Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana mengungkapkan bahwa tujuan diselenggarakannya acara tersebut diharapkan agar siswa memiliki jiwa kewirausahaan dan semakin percaya diri jika karya yang ditampikan dapat diterima oleh khalayak.

Dalam kegiatan tersebut selain didihadiri oleh pengunjung dan tamu undangan juga dihadiri oleh orangtua. “Kami juga sengaja mengundang orang tua harapannya agar orang tua merasa bangga terhadap anak-anaknya,” terangnya.

Acara gelar karya ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Jumeri STP. Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, dari SMK dan SMP di sekitar Magelang, DUDI, orang tua, dan masyarakat umum.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Jumeri, S.TP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebagai ajang yang bisa mengangkat kepercayaan keberanian di depan publik. Memberikan apresiasi kepada peserta didik untuk memperoleh ketrampilan dan karier sebagai pengusaha.  Membangkitkan jiwa kewirausaahaan. SMK mengembangkan dengan pendidikan yang mampu menemukan jatidirinya sampai menemukan profesi yang mampu menciptakan karya hebat. Terima kasih kepada para guru atas dedikasi mendidik, juga kepada DUDI sebagai praktisi yang telah mendampingi. Selamat kepada SMK Negeri 3 Magelang yang telah mampu dan sukses mengadakan acara Gelar Karya Siswa di Artos ini.

Sementara pemenang desain busana antara lain, Busana Pesta Juara 1 Cesera (XII Busana 2), juara 2 Anita (XII Busana 1), juara 3 Ulfina Elzaturahmah (XII Busana 1). Desain Busana Muslim juara 1 Dhea Alifia, juara 2 Dea Ustatik dan juara 3 Ngaisatul, ketiganya dari kelas XII Busana 3. Pemenang Busana Kebaya. Juara 1 Muna Kotrunada (XII busana 1), juara 2 Alfia (XII Busana 2), juara 3 Tri Rahayu (XII busana 3). Juara busana Futuristik juara 1 Mutiara (XII Busana2), juara 2 Fega Bintang Tesaloka (XII Busana1) dan juara 3 Virgia Deka Ajeng (XII Busana 1). Sementara untuk Juara berbakat peringkat 1 Atika (XII Busana 2) dan peringkat 2 Annisa Amel (XII Bsn 3).

   

 

 

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT