SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

SMK NEGERI 3 MAGELANG MENJADI SEKOLAH MITRA PROGRAM PDS (PENUGASAN DOSEN DI SEKOLAH)

Senin, 14 Januari 2019 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 719 Kali

SMK Negeri 3 Magelang ditunjuk sebagai sekolah mitra untuk program PDS  (Penugasan Dosen di Sekolah) tahun 2018 oleh FKIP UNTIDAR Magelang. Kegiatan PDS adalah melaksanakan pembelajaran di sekolah sesuai Kurikulum 2013. Dosen dan guru mitra secara kolaboratif terlibat dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil dan proses pembelajaran sesuai mata pelajaran. Mata pelajaran yang dipilih adalah Bahasa Inggris dengan guru yang ditunjuk yaitu Ibu Rr. Mira Lukitosari, S.Pd. M.Pd. dan mata pelajaran Bahasa Indonesia yatitu Ibu Menik Yuliastuti, S.Pd.

Tujuan dari program PDS adalah secara umum untuk mengembangkan kemitraan dengan sekolah mitra melalui penerapan PDS berbasis Learning Community (LC).

Manfaat dari pelaksanaan program PDS adalah 

  • Terjalinnya kolaborasi pembelajaran antara dosen dengan guru
  • Terlaksanya penelitian dan publikasi bersama antara dosen dengan guru
  • Dosen dan guru mampu menyusun buku ajar dan media pembelajarannya.

Selain melaksanakan pembelajaran, dosen dan guru mitra berkolaborasi untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK). 

Penelitian yang dilakukan adalah : 

  1. Mira Lukitosari, S.Pd.,M.Pd. Guru Bahasa Inggris dengan judul PTK : Improving Students' Activity and Students' Speaking Skill on Giving Opinion Material in "Class XI Fashion 2” of State Vocational School 3 Magelang Using Think Pair Share Technique
  2. Menik Yuliastuti, S.Pd. Guru Bahasa Indonesia dengan judul Peningkatan hasil belajar membedakan jenis-jenis kalimat verbal pada text eksposisi dengan teknik “Running Dictation” Pada kelas X APH 2.

Hasil PTK kemudian di seminarkan.

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT