You need to enable javaScript to run this app.

Syakira Inez Raih Best Original Fashion Design Competition IFP 2024

  • Senin, 01 Juli 2024
  • Tim Jurnalistik
  • 0 komentar
Syakira Inez Raih  Best Original Fashion Design Competition IFP 2024

Syakira Inez Syahda Ramadhani  siswi Progam Keahlian Busana SMK Negeri  3 Magelang  berhasil meraih prestasi membanggakan  sebagai Best Original Fashion Design Competition di ajang Indonesia Fashion Parade  (IFP) 2024.

Mengusung tema   Abhinaya Collection,  karya gadis manis berzodiak Virgo  kelahiran Magelang  13 September 2007  ini  berhasil  memukau dewan juri dan penonton di Hall Lantai 7 Hotel Yuan Garden Pasar Baru Jakarta yang diselenggarakan pada tanggal 27 sd 29 Juni 2024.

Putri pertama   pasangan ibu Yeni Kurniawati dan bapak Yayan Ardiyanto yang beralamat di Tidar Baru RT 01/RW 11 , Magersari  Magelang Selatan  ini mengaku sangat  terinspirasi dari makanan khas Jawa yaitu Nasi Tumpeng dalam  menciptakan karyanya.  Kata 'Tumpeng' merupakan singkatan dari bahasa jawa'yen metu kudu mempeng' yang memiliki arti bahwa ketika kita terlahir di dunia maka jalanilah hidup dengan semangat. Dari filosofi tersebut   diberi nama koleksi ini Abhinaya, Abhinaya sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti semangat, sehingga diharapkan koleksi ini akan membuat siapapun yang mengenakan ataupun melihat selalu semangat menjalankan hidup.

Abinaya collection   mengolah kain wastra motif celup brand d’JeLiPat produk unggulan SMK N 3 Magelang yang dikombinasikan dengan kain tenun polos dan lurik .  Koleksi busana dengan kearifan lokal ini dipadukan dengan material wastra berupa kain tenun Lurik khas jawa, yang melambangkan kesederhanaan, memberi pesan untuk selalu hiduplah dengan kesederhanaan dan selalu bersyukur.

Koleksi busana anak karya siswa kelas XII Busana ini terlihat sangat cerah dan manis, menerapkan  kombinasi warna kuning dan  hijau  sesuai  inspirasinya yaitu tumpeng nasi kuning. Outfit  anak laki - laki terdiri dari kemeja, rompi dan celana. Outfit anak  perempuan  model 1 berupa blus, rok dan obi sedangkan outfit anak perempuan  model 2 terdiri dari blus, rompi dan celana panjang. Ke tiga outfit tersebut dilengkapi topi /hoddy  dan masing - masing item busana bisa di mix match.

Koleksi busana anak   dengan tema Abhinaya Collection memiliki 3 look  dengan Style Casual. Desain yang simple, casual  namun tetap trendy . Keunggulan dari koleksi busana anak  ini , material utama  terbuat dari bahan hygroskopis yang menyerap keringat  sehingga tidak panas dan sangat nyaman  dikenakan oleh anak-anak.

Menerapkan sustainable fashion pada sebagian detailnya yaitu pada bagian kerah blus , celana maupun pada bagian  topi/hoddy nya. Konsep  sustainable dengan  memanfaatkan sisa kain perca,  dipotong-potong  sesuai bentuk,   disusun secara acak  pada bahan utama kemudian dijahit dibagian tepi percanya sehingga membentuk motif yang unik dan artistic.  menjadikan koleksi busana kids wear ini  terlihat  unik dan menarik.

Kesan saya selama mengikuti Indonesia Fashion Parade ini tentunya sangat senang dan bangga.Senang karena  bisa menambah pengalaman baru, bertemu banyak designer kenamaan  dan teman dari seluruh Indonesia dan saling sharing ilmu .Dan bangga sekali karena  bisa  fashion show  menampilkan karya saya sendiri di cat walk  megah Indonesia Fashion  Parade Saya bersyukur sekali karena bisa mendapatkan ilmu  pengalaman yang sangat berharga  demikian ungkap Inez dengan mata berbinar.

Pada kesempatan yang  berbahagia ini izinkan saya mengucapkan terimakasih yang setulusnya kepada   Kepala   SMKN 3 Magelang atas dukungannya dalam mengikuti kompetisi ini. Tak lupa kepada guru  pembimbing yang telah  mendampingi proses  dalam mewujudkan karya  Abinaya Collection  serta semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu,  imbuhnya  usai    pengumuman  nominasi yang disampaikan secara  langsung oleh dewan juri bang  Athan Siahaan dan  bunda  Arisanthie.

Ibu Mila Yustiana , S.Pd,  M.MPar selaku kepala SMK Negeri  3 Magelang  mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh  Inez  di ajang bergengsi ini.    Sungguh ini merupakan kebanggaan bagi sekolah kita.   Dedikasi, kerja keras dan ketekunan  Inez di bidang busana telah membuahkan hasil yang luar biasa. Saya berharap   momen seperti ini bisa  menginspirasi dan memotifasi siswa siswi yang lain untuk aktif mengikuti  kompetisi  sejenis , terus belajar, berkarya  dan  berprestasi sesuai bidangnya masing-masing imbuhnya di sela-sela  menjalankan aktifitas di ruang kerjanya .

Penulis : Yuli Hastuti

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner