SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

BEBERAPA GURU SMK N 3 MAGELANG IKUTI PELATIHAN UPDATE TEKNOLOGI DARI DUNIA KERJA

Selasa, 13 September 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 655 Kali

SMK N 3 Magelang- Selasa 13 September 2022  pukul 08.00 bertempat di ruang sidang 22 guru mengikuti kegiatan Update Teknologi dunia kerja dengan tema pelatihan metaverse pada guru. Para peserta latihan terdiri dari guru Normatif Adaptif, perhotelan, busana, kuliner, Broad Casting dan Perfilman, serta Kecantikan dan Spa. Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Kepala SMK N 3 Magelang Mila Yustiana,S.Pd.,M.MPar, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini akan mendorong para guru untuk lebih kreatif dalam pembuatan video pembelajaran yang menarik bagi peserta didiknya.

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Muslikhin, beliau adalah dosen UNY Fakultas Elektronika. Beliau menyampaikan tujuan dari metaverse adalah membuat dunia tiruan atau dunia maya dari dunia real atau nyata. Dengan keberadaan metaverse ini membuat dunia bisnis lebih cepat berkembang. Jadi kita bisa visit ke suatu tempat namun kita tidak perlu hadir atau visit secara real. Sebagai contoh dalam suatu rapat atau diskusi kita bisa menghadiri melaui kantor maya, tanpa hadir langsung.

Metaverse sendiri merupakan kombinasi dari beberapa elemen teknologi, termasuk virtual reality, augmented reality dan video di mana pengguna “hidup” dalam dunia ditigal. Metaverse  sendiri mudah diakses dimanapun dan kapan pun.

Dalam pelatihan tersebut peserta diajak melihat seperti apa dunia metaverse, melalui laptop peserta. Namun sebelumnya peserta membuat username dulu baru bisa melihat dunia 3D yang ada. Peserta pun dapat mencoba menjalankan contoh 3D tersebut, jadi peserta seolah-olah berada dalam dunia 3D tersebut meski hanya di depan laptop.

Harapan dari kegiatan ini SMK N 3 magelang bisa membuat miniatur sekolah dalam bentuk 3D, sehingga orang luar bisa melihat seperti apa SMK N 3 Magelang melalui 3D tersebut tanpa harus hadir langsung ke SMK N 3 Magelang.

Penulis: Menik Yuliastuti, S.Pd

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT