SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Project Based Learning Perhotelan

Kamis, 11 Agustus 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 365 Kali

Implementasi kurikulum merdeka sebagai wujud transformasi pendidikan di semua jenjang khususnya di SMK diharapakan mampu menghasilkan lulusan yang inovatif dan dapat bersaing di era industri 4.0.

SMK Negeri 3 Magelang sebagai salah satu SMK yang telah menerapkan kurikulum merdeka berupaya memberikan kemerdekaan seluruh guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, ramah, menyenangkan, memenuhi capaian belajar bagi peserta didik secara holistik tanpa mengurangi substansi proses belajar sesuai karakteristik generasi Z. Peserta didik juga diberikan kemerdekaan dalam belajar sesuai dengan minat, bakat dan talenta yang dimiliki sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

Untuk itu, kompetensi keahlian Perhotelan menyelenggarakan kegiatan diseminasi dan penyamaan persepsi pembelajaran berbasis projek dengan mengundang seluruh guru pengampu kelompok Mapel Umum dan Mapel Kejuruan kelas X, XI dan XII kompetensi keahlian Perhotelan yang diselenggarakan hari Rabu, 10 Agustus 2022 di Edu Hotel Citra.

Pada kegiatan tersebut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Sutji Sadarini, S.Pd. meminta semua guru untuk bersama-sama komitmen dan konsisten untuk melaksanakan projek yang relevan dengan kompetensi keahlian Perhotelan dengan memperhatikan kearifan lokal.

Ketua kompetensi keahlian Perhotelan Iswati Ardiyanti, S.Pd. memaparkan seluruh Project-Based Learning Perhotelan secara urut dan terperinci. Iswati mengajak dan mendorong semua guru benar-benar berkolaborasi dan bersinergi dalam mendukung merdeka belajar dengan memenuhi setiap capaian belajar peserta didik dan adaptif agar peserta didik kompetensi keahlian Perhotelan benar-benar memiliki sikap  maupun karakter yang baik, memiliki kompetensi mumpuni, pengetahuan yang selalu ditingkatkan, kreatif, inovatif dan dapat bersaing di era industri 4.0.

Antusiasme seluruh guru dalam kegiatan tersebut membawa atmosfer semangat dan makin interaktif dengan banyaknya diskusi, tanya jawab serta usul saran konstruktif untuk kelancaran project-based learning Perhotelan terintegrasi dengan teaching factory Edu Hotel Citra. Kegiatan ini diakhiri dengan komitmen bersama semua guru untuk berpartisipasi aktif, menunjukkan aksi nyata kolaboratif dan berkelanjutan dalam mentoring semua peserta didik.

#smk

#transformasipendidikan

#smkpariwisata

#perhotelan

#projectbasedlearning

#kurikulummerdeka

Penulis: Vera / Tim Jurnalistik Perhotelan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT