SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

KEREN! PRODUK- PRODUK UNGGULAN SMK NEGERI 3 MAGELANG

Minggu, 04 April 2021 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 146 Kali

MAGELANG-  Sekolah  yang beralamat di Jalan Pierre Tendean Nomor 1 Kota Magelang merupakan sekolah kejuruan yang memberi bekal siswa-siswanya untuk dapat mengembangkan kompetensi dan menciptakan hal-hal yang baru sehingga siap menghadapi masa depannya.

Kreativitas siswa diasah di semua kompetensi keahlian yang ada di sekolah ini, baik tata boga, tata busana, perhotelan, kecantikan kulit dan rambut, serta multimedia.

                                          

Produk unggulan dari kompetensi keahlian tata boga adalah  Brownies Mocaf . Berbeda dengan produk serupa yang ada di pasaran, produk unggulan tata boga ini menggunakan mocaf (modified cassava flour) atau tepung singkong modifikasi sebagai bahan utamanya. Pemilihan mocaf sebagai bahan utama dikarenakan produk singkong yang melimpah di Magelang, dan sekaligus untuk mengangkat nilai jual singkong. Produk ini dibuat pertama kali pada tahun 2017 dan sudah bersertifikat halal  dari Majelis Ulama Indonesia ( MUI). Keunggulan produk brownies mocaf ini terletak pada tepung mocafnya. Tepung ini sangat baik untuk orang yang ingin mengonsumsi makanan yang tidak tinggi kalori, rendah gluten.

Tepung mocaf dibuat melalui beberapa tahapan. Diawali dengan pemilihan singkong yang berkualitas. Setelah itu singkong dikupas dan dicuci dengan air yang mengalir. Selanjutnya singkong dipotong – potong tipis kemudian direndam selama 3 x 24 jam. Saat proses perendaman ini terjadi  fermentasi yang akan meningkatkan nilai gizi. Setelah direndam, kemudian ditiriskan dan dijemur sampai benar-benar kering. Tahapan terakhir yaitu menghaluskan singkong kering sehingga terbentuklah tepung mocaf.

                            

   

Kompetensi tata busana SMK Negeri 3 Magelang memiliki produk unggulan kain celup yang dilabeli d’JeLiPat. Label d’JeLiPat merupakan akronim dari d’Je = Dijelujur. Li = Lipat, Pat = Mampat dengan sistem celup yang mengadopsi sistem pewarnaan ala Jepang Shibori, menggunakan pewarna alami seperti Tingi, Mahoni, Alpukat, Indigo, dan Nangka. Hasil motif yang didapatkan dengan beberapa teknik dari menjelujur, melipat, diikat kemudian dicelupkan.

Produk d’JeLiPat dibuat berupa kain panjang. Dari kain panjang tersebut, kemudian berbagai produk fashion dan lenan rumah tangga dihasilkan seperti tempat tissue, sarung handphone, sarung bantal kursi , sarung gallon, tirai, taplak meja, sarung bantal, dompet, tas laptop dan tas.

Keunggulan d’JeLipat memiliki desain motif abstrak dikombinasi dengan motif jumputan. Prosesnya handmade dengan teknik pewarnaan kombinasi 2-3 warna. Meski harganya relatif lebih murah tapi kain d’Jelipat mampu bersaing dengan produk branded lainnya.

 

                         

Kompetensi keahlian perhotelan melakukan inovasi dengan memproduksi sabun Virgin Coconut Oil ( VCO) Herbal. Produk Sabun VCO Herbal memiliki keunggulan tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate ( SLS), paraben, pewarna, pengawet maupun alkohol, ramah lingkungan, ramah bagi vegan dan cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif dengan PH netral. Untuk sabun padat dilengkapi dengan loofah sebagai srub alami.

Dalam proses pembuatannya, dibutuhkan waktu tiga hari untuk menghasilkan sabun VCO padat, dua hari sabun cair, serta 30 menit untuk sabun cuci piring dan sanitizer.

Menarik untuk disimak karena hampir seluruh bahan baku alami produksi sabun VCO Herbal ini berada di sekitar  lingkungan sekolah . Selain bahan kimia seperti sodium hidroxida dan texapon yang didapat dengan mudah di toko kimia bersertifikasi, semua bahan alami berupa berbagai flora seperti pisang, aloe vera, daun merah, bunga kenanga, buah bit, kopi, sirih cina maupun tumbuhan liar lainnya.

Ketiga produk unggulan  SMK Negeri 3 Magelang  masuk dalam artikel Jaringan Penulis Indonesia (JPI )Bandung yang bekerja sama dengan Kemendikbud mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ( GERNAS BBI). Artikelnya bisa dibaca di sini .Dengan produk- produk  tersebut , SMK Negeri 3 Magelang sudah bisa membuktikan bahwa pandemi Covid-19 tidak menghambat kreativitas untuk selalu berkarya.

SMK BISA…..SMK HEBAT….SMK NEGERI 3 MAGELANG LUAR BIASA …

 

                                                  Penulis Tim Jurnalistik SKANIGA

                                                                     

                                                   Umi Khayah Rusiyanah, S.Pd. 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT