SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

PENGUATAN KARAKTER WIRAUSAHA, PRODUK KREATIF & START UP BISNIS OLEH IDUKA SEKOLAH PENCETAK WIRAUSAHA

Selasa, 22 Desember 2020 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 205 Kali

MAGELANG TENGAH – Dua puluh lima siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Magelang (SMK N 3 Magelang) yang tergabung dalam Sekolah Pencetak Wirausaha ( SPW) mengikuti kegiatan penguatan karakter wirausaha, produk kreatif & start up oleh IDUKA di aula lantai 3 sekolah setempat, Selasa ( 22/12/2020).

Acara dimulai pukul 08.30 WIB dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

 

  

 

Kepala SMK Negeri 3 Magelang, Drs. Supriyatno, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangganya kepada tim Sekolah Pencetak Wirausaha ( SPW) SMK Negeri 3 Magelang yang telah mendapat apresiasi dari Direktur SMK Kemendikbud atas masuknya sekolah ini  dalam “Daftar 50 SMK dengan Guru dan Siswa yang Berpartisipasi pada Program Sekolah Pencetak Wirausaha ( SPW) Batch 4”. Mereka yang menjadi bagian dari tim tersebut  adalah Irine Tirta Savira (  XII Tata Busana), Musyarofah Kurnia Febriyanti ( XII Tata Kecantikan Kulit & Rambut), Rizka Amanda Putri ( XI Tata Busana), Wahyu Septyardiani ( XII Tata Boga) dan Niken Sulistyowati, S.Pd. ( guru kewirausahaan). “ Sebagai  wirausaha harus punya kecerdasan finansial yakni kecerdasan untuk mengelola keuangan yang ada, misalnya 50 % dari pemasukan digunakan untuk kebutuhan pokok, 30 % untuk investasi/ aset, dan 20 % digunakan untuk kebutuhan lainnya, “ tambahnya.

Acara selanjutnya dikemas dalam bentuk talk show yang menghadirkan nara sumber dari Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja ( IDUKA). Nur Oktaviani, yang juga  alumni SMK Negeri 3 Magelang Kompetensi Keahlian  Tata Busana  2014 sebagai nara sumber pertama  didampingi Dra. Yuli Hastuti ( guru Tata Busana) menyampaikan bahwa sebagai  wirausaha harus menguasai kompetensinya dan disiplin/ tepat waktu sehingga tidak mengecewakan pelanggan. Selama ia menggunakan media social ( Instagram dan  facebook) untuk memasarkan produknya yang berupa busana pesta. “ Trik untuk sukses berwirausaha adalah mau belajar sesuatu yang  baru dan inovatif, “ kata pemilik Via Butik yang beralamat di perumahan Bonjitan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Aneysa Novelia, pemilik Sanggar Rias dan Busana Lisa di Borobudur Kabupaten Magelang, mengatakan wirausaha tidak cukup hanya punya mimpi saja tetapi kita harus berjuang untuk mewujudkan mimpi tersebut. “ Kita harus mencintai bidang yang kita geluti karena dengan rasa cinta terhadap pekerjaan akan meringankan beban/ permasalahn yang muncul dalam pekerjaan,” kata Ane, alumni SMK Negeri 3 Magelang  2009 Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan,  yang didampingi Maesaroh Nurlaila, S.Pd.( guru Tata Kecantikan kulit dan rambut).

Seviyan Andi Setiawan, seorang alumni SMK Negeri 3 Magelang Kompetensi Keahlian Tata Boga 2012, yang telah sukses membangun kariernya di bidang kuliner dan perancang busana berkenan membagikan trik-trik sukses jadi wirausaha pada adik-adik kelasnya. Ia menyampaikan resep untuk bisa sukses menjadi wirausaha ada empat, yakni percaya akan kemampuan sendiri, jangan pernah menutup pertemanan, memiliki inovasi, dan jangan pernah takut gagal. “ Jangan pernah mengecewakan pelanggan karena mengecewakan satu pelanggan berarti membunuh semua pelanggan dan cerdas memanfaatkan peluang di mana pun berada,” kata Bemby Fiantino alias Sevian, yang didampingi Sharika Hesti Luwih, S.Pd. ( guru Tata Boga).

 

    

Irine Tirta Savira, kelas XII tata busana, sangat senang mengikuti kegiatan ini, karena mendapatkan motivasi dari para nara sumber sehingga lebih memantapkan diri untuk mengembangkan usaha yang telah dirintisnya.

“ Saya mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu dari para alumni SMK Negeri 3 Magelang yang telah sukses berwirausaha sehingga lebih menguatkan lagi usaha saya untuk mencapai mimpi- mimpi saya, “ ungkap Wahyu Septyardiani ( kelas XII tata boga)

Dengan adanya kegiatan ini, Sulastri ( kelas XII tata kecantikan rambut dan kulit) mendapatkan pencerahan di bidang bisnis sehingga ia berkeinginan untuk bisa sukses berwirausaha di usia muda.

“ Acaranya menarik, saya bisa mengambil hikmah dari para nara sumber tadi sehingga memacu saya untuk belajar lebih rajin, disiplin, dan tidak menunda pekerjaan, “ kata Krisna Vicky Saputra ( kelas XI perhotelan).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh semua Ketua kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Magelang, yakni tata busana, tata boga, tata kecantikan rambut dan kulit, perhotelan, dan multimedia.

 

Di akhir acara dibagikan bantuan start up bisnis oleh pihak sekolah.

Selamat bagi anak-anak  yang mendapatkan start up bisnis siswa.

 

PENULIS TIM JURNALISTIK SKANIGA

UMI KHAYAH RUSIANAH, S.Pd.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT