SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

SIMULASI SKALA BESAR ( SSB) UBKD UNTUK SISWA DI SMKN 3 MAGELANG

Senin, 23 November 2020 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 265 Kali

Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Simulasi Skala Besar( SSB) UBKD untuk seluruh satuan pendidikan jenjang SMA/MA, SMK/MAK, SMP/MTs dan sekolah sampling untuk jenjang SD sesuai dengan Surat Edaran dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 12776/ H3/ KP/ 2020 tanggal 12 November tentang sosialisasi kegiatan simulasi skala besar UBKD( Ujian Berbasis Komputer Dalam jaringan). Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan Asesmen Nasional tahun 2021.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Magelang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Simulasi Skala Besar (SSB)  tersebut pada hari Selasa 17 November 2020 di Laboratorium Bahasa sekolah setempat. Sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh  Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.45 , tetapi sampai pukul 13.30 siswa tidak berhasil mengakses soal. Setelah menunggu untuk bisa terhubung ke server pusat, pada siang hari pukul 13.20 proktor memeproleh informasi bahwa telah terjadi kendala massal sehingga kegiatan Simulasi Skala Besar Siswa diminta untuk melanjutkan pada hari Rabu 18 November 2020 pada waktu yang sama.

 

Siswa yang terlibat dalam kegiatan itu ada lima orang yang masing-masing mewakili kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Magelang, yakni multimedia, perhotelan, tata busana, tata boga, dan kecantikan. dengan mengikutsertakan lima orang siswa dari kelas XI yang juga masing-masing siswa mewakili semua kompetensi di SMKN 3 Magelang di Laboratorium Bahasa sekolah setempat.  Mereka adalah Yuyun Ambarningsih ( kelas XI Multimedia), Aurel Sekar Larasati ( kelas XI Kecantikan 1), Al Syafier Made Wayan Himawan ( kelas XI Perhotelan 2), Yuli Kirlina ( kelas XI Tata Busana 3), dan Niken Nur Umuroh ( kelas XI Tata Boga 3).

Aurel mengatakan bahwa ia sangat senang bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. “ Saya beruntung bisa mengikuti kegiatan SSB karena saya bisa mengetahui soal AKM lebih awal dibandingkan teman-teman. Saya akan ambil poin-poin penting dari kegiatan ini dan akan saya bagikan ke teman-teman,” katanya.

“ Saya merasa mendapatkan hal baru dari soal-soal AKM  dan tertantang untuk bisa menyelesaikannya,” kata gadis yang suka masak ini.

Bagi Syafier, ia bisa ikut di ajang ini merupakan kebanggaan tersendiri. Bahkan setelah mencoba mengerjakan soal-soal AKM, ia mengatakan kalau soal AKM lebih menantang dan seru karena sebenarnya materinya simpel tetapi butuh menggunakan logika dan teliti dalam membaca soal.

“ Deg..deg…gan, itu yang saya rasakan saat ikut kegiatan SSB karena seperti ikut ujian nasional  SMP,” ujar Yuli, gadis manis yang menggeluti tata busana. Ditambahkan Yuyun, bahwa ia juga grogi ketika melihat soal AKM, tapi Alhamdulillah ia berhasil menyelesaikannya.

 

Proktor yang bertugas dalam kegiatan tersebut  ibu Ir.  Sri Rahajuningsih, sedangkan sebagai pengawas ibu Umi Khayah Rusiyanah, S,Pd., dan teknisi bapak Muchamad Abdurochim.

 

PENULIS : 

Umi Khayah Rusiyanah, S.Pd.

Guru Bahasa Indonesia

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT