SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

SUPERVISI COE SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jum'at, 20 November 2020 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 340 Kali

MAGELANG – SMK NEGERI 3 MAGELANG melaksanakan Supervisi Pemerintah Fasilitasi SMK dikembangkan menjadi pusat keunggulan atau COE (Center of Excellence) prioritas tahun 2020 yaitu sektor Hospitality oleh Tim Supervisi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Acara dimulai pukul 08.00 di ruang Kepala Sekolah Kamis (19/11/2020). Hadir sebagai Tim Supervisi adalah Budi Setiadi sebagai Tim Teknis Direktorat SMK (Direktorat Jenderal SMK) dan Teddy Sukaryadi sebagai Pengadministrasi Umum  Inspektorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan pengawasan supervisi di SMK Negeri 3 Magelang.

 

   

 

Teddy Sukaryadi menjelaskan bahwa SMK Negeri 3 Magelang dipilih menjadi SMK COE karena perlu adanya peningkatan agar menjadi sekolah unggul. Keunggulan di sini ditekankan pada lulusan yang dibutuhkan dalam dunia industri/IDUKA. “Untuk men-COEkan semua kompetensi-kompetensi unggul yang ada di SMK Negeri 3 Magelang bukan hanya unggul dari kelulusannya saja tapi unggul dari segi kelulusan yang dibutuhkan oleh dunia industri.” jelasnya.

Supervisi ini dilakukan untuk memeriksa dan membina kegiatan serta membantu tujuan yang sudah direncanakan dari Direktorat. Supervisi ini terbagi menjadi dua yaitu Fisik dan Non Fisik. Untuk fisik yang berupa pelaksanaan pembangunan rehabilitasi/renovasi bangunan Ruang Praktik Siswa (RPS). Hasil non fisik dari supervisi di SMKN 3 Magelang berupa perbaikan pembelajaran mulai dari Kompetensi  Keahlian Tata Boga berlanjut ke kompetensi keahlian  lainnya yang ada di SMK Negeri 3 Magelang . Dengan ini, semua fasilitas yang ada di sekolah harus disupervisi agar lebih bermanfaat. Sehingga siswa-siswa dapat mengikuti perkembangan zaman dan memiliki sifat adaptif. Manfaat dari supervisi adalah mendapat umpan balik dari apa yang direvisi.  Beberapa kegiatan non fisik sebagai penguatan pembelajaran SMK COE berbasis industri sektor Hospitality seperti kurikulum disusun bersama dengan IDUKA, pengajar/instruktur dari IDUKA, Praktik Kerja Lapangan (PKL) disusun bersama IDUKA, magang/pelatihan bagi guru, srtifikasi kompetensi, workshop penguatan budaya kerja.

 

  

 

Menurut pernyataan dari Drs. Edi Haryo Suseno selaku perencana dan pengembang, bersama Drs. Heri Siswanto, S.Kom, M.Kom selaku wakasek 3 sarana prasarana, beberapa pembangunan yang sedang berlangsung adalah pembangunan RPS (Ruang Praktik Siswa) berupa Dapur Patiseri, Dapur 3, Ruang Praktik Kecantikan.

 

  

 

Sebagai salah satu supervisor Drs. Supriyatno M.Pd selaku kepala sekolah mengemukakan sebuah prinsip yang dapat diterapkan selama supervisi dilaksanakan. “Jangan banyak menyalahkan tapi membantu mendapatkan feedback yang belum tentu utuh.” Katanya.

 

PENULIS Tim Jurnalistik Skaniga :

  • Elizabeth Sekar Cinta S (X KC 2)
  • Sheren Anggia (XI BG 2)
  • Suci Maudya P (X Bsn 3)
  • Nunuk Kholisah (X Bsn 3)
  • Maha Riz-Q Ratu Ayu (XI BG 1)
  • Hana Erlia Syah (XI KC 2)

     

     

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT