SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

TATA BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG TERPILIH PILOT PROJECT FASHION

Kamis, 12 November 2020 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 266 Kali

MAGELANG – SMK NEGERI 3 MAGELANG hari Kamis (12/11/2020) mendapat kunjungan Kemenko Perekonomian Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan UMKM dalam rangka Monitoring Perkembangan Pilot Project Kurikulum Fashion SMK Negeri 3 Magelang.

Acara dimulai pukul 10.00 di ruang Kepala Sekolah setempat dari pembukaan dilanjutkan sambutan perwakilan Kepala Sekolah Bapak Drs. Edi Haryosuseno dan Kepala Sub Bidang Standar kompetensi dan Pelatihan Kerja Bapak Muhammad Isran ,MM.

“Tujuan Piloting Fashion ingin mengupdate kompetensi keahlian Tata Busana agar lebih menarik, mengedepankan sistem pembelajaran praktik dibanding teori melalui program revitalisasi, mengembangkan kreatifitas anak yang diharapkan bisa berwirausaha” Ujar Bapak Isran.

Beliau juga menjelaskan awal mulanya pada tahun 2019 Kemenko Perekonomian telah menyelenggarakan Pilot Project Revitalisasi SMK/BLK bekerjasama dengan 9 (sembilan) Pemerintah Daerah, yang juga melibatkan Kemendikbud, Kemnaker, Kemenperin dan Kadin. Salah satunya Provinsi Jawa Tengah. Akhirnya SMK Negeri 3 terpilih menjadi sekolah Piloting Fashion. Harapannya SMK Negeri 3 benar-benar menjadi rujukan dan contoh untuk SMK lainnya.

Tujuan Pilot Pnject tersebut utamanya adalah dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa SMK/BLK yang sesuai dengan kebutuhan DUDI dengan mendukung potensi daerah melalui perbaikan/penyelarasan kurikulum.

 

“Alhamdulillah Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang terpilih satu-satunya menjadi Pilot Project untuk kompetensi fashion. Jelas kami akan tetap konsisten dengan output untuk Siswa setelah menjadi Piloting Fashion. Tujuan output Piloting Fashion ini agar siswa setelah lulus mereka siap berwirausaha dan bersaing dengan dunia industri di sekitar kota Magelang dan Jawa Tengah,” Ujar Ibu Sus Triyati ,S.Pd selaku Ketua Kompetensi Keahlian Tata Busana.

Ibu Sus Triyati berharap siswa vokasi dapat termotivasi untuk mengembangkan bakat di bidang merancang desain dan sekaligus membuat produk desain yang mampu bersaing di Kota Magelang dan Sekitarnya.

 

Kesan dan pesan dari Bapak Endri Aribowo ,S.Sn selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat dan Hubungan Industri ialah konsep acara Piloting Fashion sangat bagus, dari dinas KEMENKO memberikan tantangan Jurusan Tata Busana.

Penulis :

(Tim Jurnalistik SKANIGA : Nikyta,Ricko,Amalia,Ratu,April,Vincent,dan Ashiva.)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT