You need to enable javaScript to run this app.

d’JeLiPat SMK NEGERI 3 MAGELANG Kembali Tampil di Ajang Bergengsi JOGJA FASHION WEEK Hartono Mall 20 Nopember 2019

  • Rabu, 20 November 2019
  • Tim Jurnalistik
  • 0 komentar
d’JeLiPat  SMK NEGERI 3 MAGELANG Kembali Tampil di Ajang Bergengsi JOGJA FASHION WEEK Hartono Mall  20 Nopember 2019

SMK Negeri 3 Magelang kembali tampil dalam ajang Fashion bergengsi ,”Jogja Fashion Week” tahun 2019.  Setelah sukses di ajang Jogja Fashion Week di JEC hari Kamis tanggal 31 Oktober yang lalu. Kembali kami tampil dengan di ajang bergengsi ini Jogja Fashion Week di Hartono Mall  Hari Rabu tanggal 20 Nopember 2019.  Tema yang diangkat adalah “Warna Indonesia” .

Jogja Fashion Week menghadirkan sebuah keahlian penting dalam rasa, karsa dan karya cipta. Serta insiprasi keberanian dan kebaruan untuk mengekplorasi kekayaan wastra Nusantara dengan konsep spektakuler dan modern dengan mengacu kekayaan lokal Indonesia.  Jogja Fashion Week tahun 2019  menjadi langkah sebuah catatan sejarah sebuah keberanian berkreatifitas dalam menghadapi tantangan global.

SMK Negeri 3 Magelang mencoba untuk bergabung dengan para desainer ternama dengan berkreasi dalam menciptakan suatu busana dengan menampilkan produk unggulan Tata Busana d’JeLiPat.  Jogja Fashion Week tahun 2019 menampilkan beberapa desainer ternama, professional dan berpengalaman di dunia Fashion yang ada di Yogjakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya.

Fega Bintang Tesaloka kelas XII Busana 1 dan Zukruf  kelas XII Busana 2  Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang Jogja Fashion Week mengangkat tema besar “Warna Indonesia 2019” . Busana Ready To Wear mengangkat  tema “Indonesia Geometri”. Bentuk geometris diambil dari materi bangun dasar mata pelajaran matematika yang menjadi inspirasi dalam mendesain.

Material umum mengangkat produk kearifan lokal berupa kain lurik/ tenun dan kain bermotif berupa Shibori Brand d’JeLiPat, PRODUK UNGGULAN PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK Negeri 3 Magelang. d’JeLiPat mempunyai arti : d’ = Perlakuan (dalam bahasa Jawa) Je = Jelujur , Li = Lipat  , Pat = Mampat. Kain d’JeLiPat menggunakan pewarnaan sintesis berupa naptol. Penggunaan material khas Indonesia diharapkan dapat terus dikembangkan dan serta dikenal oleh masyarakat local maupun manca Negara.

Kombinasi warna kuning, hijau dan coklat memberi kesan ceria, optimis, tenang dan bijaksana.  Permainan garis lurus, cutting Geometris memberi kesan unik artistic, detail pleats dapat memberi symbol penengah dalam setiap perbedaan / multi culture di Indonesia. Kesan cantik, modis dan elegant sangat  sesuai dikenakan oleh wanita-wanita muda.

Menurut desainer muda mas Tatok Prihasmanto,S Sos, Owner Chrisantium Magelang. “Sebuah koleksi diawali dari konsep, disini saya melihat karya siswa SMK Negeri 3 Magelang sudah memiliki konsep desain, pemilihan warna, kombinasi bahan dan penempatan detail juga sudah terkontrol. Kualitas jahitan juga sangat rapi. Jam terbang yang banyak akan menambah wawasan dan kemampuan siswa dalam membuat koleksi yang akan datang.

 “Terharu, melihat karya anak-anak SMK Negeri 3 Magelang dengan konsep desain yang sudah matang, terbukti anak SMK bisa tampil bersama desainer ternama di Yogyakarta”,,, kata Dadang Koesdarto (Desainer Senior Yogyakarta) saat menghampiri kami seusai acara peragaan selesai.

Bangga terhadap karya siswa dan memberikan support untuk bisa ikut event yang lebih tinggi lagi, target selanjutnya adalah INDONESIA FASHION WEEK.. tutur bu Mila Yustiana S.Pd, M.MPar selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Magelang.

“Terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Ibu Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Magelang yaitu ibu Mila Yustiana, S.Pd, M.MPar, dan bapak ibu guru kami yang sudah berkenan hadir untuk melihat secara langsung pada acara Jogja Fashion Week di Hartono Mall, memberikan support secara langsung  dan memberikan kesempatan kepada kami untuk belajar dan berkreasi , memperoleh pengalaman yang sungguh luar biasa, karya-karya kami yang hanya tingkat SMK bisa tampil bersama  dengan para desainer yang sudah terkenal di dunia Fashion, sungguh seperti mimpi. Kami merasa sangat senang dan bangga sekali”,,,tutur Fega dan Zukruful. “Untuk kelanjutan karya kami masih dalam. Dan Kami siap untuk lanjut di event yang lebih besar lagi yaitu di Indonesia Fashion Week Tahun depan”,, ungkapnya. (Ning) (28 Nop’19)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner