SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

SUS TRIYATI, S.Pd GURU TATA BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG BERHASIL RAIH EXCELLENT (BEST TOPTEN) KKGS 2020 PRODUK APD

Sabtu, 13 Juni 2020 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 157 Kali

SMK Negeri 3 Magelang sebagai salah satu SMK Revitalisasi terpilih beberapa guru mengikuti program KKGS. Para guru SMK Negeri 3 Magelang terdaftar sebagai peserta KKGS 2020. Salah satu program Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan , Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  melakukan Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan, dengan menyelenggarakan Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia (Pembelajaran Daring) KKGS 2020 "Menyiapkan Keunggulan Masa Depan".

Direktorat SMK melalui kegiatan "Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia (KKGS) 2020 merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan meratakan mutu, serta mengimplementasikan teknologi/industri 4.0 dalam proses pembelajaran di SMK. KKGS 2020 merupakan suatu bentuk kegiatan pelatihan melalui pembelajaran berbasis dalam jaringan  (daring) atau video conference yang ditujukan untuk guru SMK. Kegiatan KKGS terselenggara atas sinergi beberapa instansi yaitu Direkrorat SMK, SEAMEO Center di Indonesia, Perguruan Tinggi, Industri, dan SMK pengampu.

KKGS 2020 terdiri dari 6 topik pembelajaran yang merupakan penerapan dari Teknologi Industri 4.0 diantaranya : Perhotelan, Tata Boga (layanan Boga), Bisnis Daring dan Pemasaran, Alat Pelindung Diri (APD) Tenaga Medis, Internet Of Things (IoT), Bisnis Perikanan.

Proses pelaksanaan pelatihan melalui pembelajaran daring (video conference) mulai tanggal 21 April s.d. 5 Juni 2020 (penutupan). Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia (KKGS) 2020 telah diikuti oleh oleh sekitar 13 % guru dalam kompetensi keahlian yang relevan yaitu 3.777 guru dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

Dengan adanya kegiatan pelatihan "Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia (KKGS) 2020 yang disampaikan oleh para maestro dan tenaga ahli nantinya diharapkan dapat meningkatkan dan memeratakan kualitas pembelajaran serta meningkatkan akses kepada pendidikan berkualitas di SMK.

Salah satu peserta satu-satunya dari guru Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang SusTriyati, S.Pd. berhasil masuk predikat Excellent / Best Topten  yaitu 10 orang peserta terbaik dari kegiatan KKGS 2020 Produksi APD yang penilainnya meliputi produk : masker, baju hazmat, shoe cover dan pola. Kemudian diberikan kesempatan melakukan presentasi.

Sus Triyati, S.Pd menyampaikan Kamp Kreatif Guru SMK Tata Busana Indonesia (KKGS) 2020 merupakan salah  satu upaya untuk meningkatkan  kreatifitas dalam membangun solidaritas dalam masa pandemi Covid 19 dengan memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat diperlukan para petugas medis di garda terdepan dalam menangani pandemi Covid 19. Program KKGS ini dilaksanakan untuk memberikan wawasan,  pengetahuan dan kreatifitas kepada peserta tentang memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) dengan memenuhi standar keamanan dan keselamatan tenaga medis sebagai pemakainya. Peserta  Program Kamp Kreatif Guru SMK Tata Busana Indonesia (KKGS) 2020 diikuti oleh para guru SMK Tata Busana seluruh wilayah Indonesia sejumlah 295 orang, Alhamdulillah saya mendapatkan apresiasi dengan dukungan dan bantuan dari semua pihak, untuk itu saya sangat berterima kasih. Harapannya semoga selanjutnya hal ini akan segera diterapkan untuk siswa/siswi kita dalam upaya peningkatan kualitas dan kemajuan SMK Negeri 3 Magelang. Silakan yang berkenan dapat melihat  di kanal Youtube yang saya buat untuk berbagi pengalaman yaitu, Masker:  https://youtu.be/OWHlfZw9Qwc , Sepatu : https://youtu.be/y0O5IndZPqA , Baju APD : https://youtu.be/RBSQquv8k-U .

 

  

Beberapa guru SMK Negeri 3 Magelang terpilih mengikuti program KKGS untuk Kompetensi Perhotelan yaitu : Tri Suparmi, SST.Par., M.Pd, Iswati Ardiyanti, S.Pd, Rita Wahjuningsih, S.Pd, Ida Sukriyah, S.Pd., Ade Ela Pratiwi, S.Par. Wahyu Mafatikhul Aulia, S.Pd. Kompetensi Tata Boga (Jasa Boga) yaitu : Januwijarti, S.Pd., Nanik Kristiana, S.Pd, Rudi Haryanto, S.Pd, Sharika Hesti Luwih, S.Pd., Siti Nurjanah, S.Pd. dan beberap guru tersebut juga berhasil mendapatkan predikat Excellent

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT