SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

JUKNIS PPDB SMK NEGERI PROVINSI JAWA TENGAH TH 2020/2021

Sabtu, 16 Mei 2020 ~ Oleh Staf Tata Usaha SMK N3 Mgl ~ Dilihat 16527 Kali

Alamat web resmi : https://jateng.siap-ppdb.com

DOWNLOAD JUKNIS PPDB 2020/2021

Jadwal PPDB SMK NEGERI 

a.

Penetapan zonasi (khusus SMA)

:

Tanggal 12 Mei 2020

b.

Pendaftaran, Seleksi, dan

pengumuman PPDB

inklusi/kelas khusus olahraga

:

Tanggal 2 s.d. 6 Juni 2020

c.

Pendaftaran, Perubahan

Pilihan dan Seleksi

:

 

 

- dibuka

:

Tanggal, 17 Juni 2020

pukul 08.00 WIB

 

- ditutup

:

Tanggal, 25 Juni 2020

pukul 16.00 WIB

d.

Pengumuman

:

Tanggal  30  Juni  2020  selambat-

lambatnya pukul 23.55 WIB

e.

Daftar Ulang

:

Tanggal 1 s.d. 3 Juli 2020

f.

Hari Pertama Masuk sekolah

:

Tanggal 13 Juli 2020

PERSYARATAN PPDB SMK NEGERI

Kelengkapan administrasi yang harus dipersiapkan oleh calon peserta didik SMK yang nantinya akan dilakukan validasi pada saat daftar ulang dan/atau apabila kondisi pandemi Covid-19 telah berakhir adalah :

  1. Foto copy Buku Rapor SMP/sederajat.
  2. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah  Program  Paket  B/Ijazah  satuan  pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat;
  3. Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru 2020/2021, dan belum menikah;
  4. Kartu Keluarga atau Surat Keterangan domisili dari RT/RW;
  5. Piagam prestasi  tertinggi   yang   dimiliki   dan   sesuai   kriteria   yang ditetapkan untuk jalur prestasi;
  6. Bukti keikutsertaan dalam  program  penanganan  kemiskinan  dari Pemerintah atau Pemerintah Daerah (KIP, PKH, dan bukti lain yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah);
  7. Surat Keterangan dari Kepala Rumah Sakit rujukan Covid-19 dan/atau Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota bagi calon peserta didik yang merupakan putera/puteri dari tenaga medis atau paramedis yang bertugas dalam penanganan pandemi Covid-19.
  8. Surat pernyataan orang tua yang memberikan penjelasan tentang kondisi kesehatan calon peserta didik pada pilihan bidang keahlian/kompetensi keahlian tertentu sebagai berikut :

NO

BIDANG KEAHLIAN

OBYEK KESEHATAN

DAYA TAMPUNG DI SMK N3 MAGELANG

1.

Tata Boga

:Sehat mata dan tidak buta warna

3 Kelas=108

2.

Tata Busana

:Sehat mata dan tidak buta warna

3 Kelas=108

3.

Tata Kecantikan Rambut dan Kulit

:Sehat mata dan tidak buta warna

2 Kelas=72

4.

Perhotelan

:Sehat mata dan tidak buta warna

2 Kelas=72

5

Multimedia

:Sehat mata dan tidak buta warna

1 Kelas=36

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Membuka situs PPDB Daring dengan alamat https://jateng.siap-ppdb.com
  2. Membuat Surat Pernyataan kebenaran /Pakta Integritas (contoh dapat dilihat di situsPPDB)
  1. Melakukan Registrasi akun dan verifikasi pendaftaran mandiri di sistem aplikasi PPDB
  2. Menginput data pribadi sesuai alur dalam sistem aplikasi PPDB.
  3. Mengunggah surat pernyataan kebenaran (pakta integritas) dan surat pernyataan sehat (tidak perlu ke puskesmas)
  4. Mengunggah Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V.
  5. Mengunggah Piagam Prestasi Penghargaan bagi calon peserta didik yang memilih Jalur Prestasi atau calon peserta didik yang memiliki Piagam Prestasi. Apabila Calon Peserta Didik memeiliki Piagam Prestasi Penghargaan lebih dari I (satu) maka Piagam Prestasi Pengharagan yang diunggah dimaksud adalah Piagam Prestasi Penghargaan dengan bobot nilai tertinggi
  6. Mengunggah surat keterangan dari Rumah Sakit rujukan Covid-19/Dinas Kesehatan Kab/Kota/Provinsi bagi calon peserta didik yang merupakan putera dan puteri tenaga medis dan paramedis yang bertugas menangani pandemi Covid-19. contoh : http://gg.gg/SuratKeteranganRS
  7. Apabila calon peserta didik telah menginput data yang diperlukan maka akan memperoleh token
  8. Jurnal dan hasil seleksi dapat dilihatpadasistem aplikasi PPDB dengan nomor peserta PPDB

Contoh surat pernyataan kebenaran (pakta integritas) dan surat pernyataan sehat http://gg.gg/PaktaIntegritasdanSuratPernyataan

PILIHAN PENDAFTARAN

  1. Calon peserta didik SMK Negeri dapat mendaftarkan diri melalui seleksi keluarga miskin dengan menunjukan bukti kepesertaan keluarga miskin baik dari Pemerintah maupun Pemerintah Daerah.
  2. Calon peserta didik SMK dapat mendaftarkan diri pada 4 (empat) pilihan kompetensi keahlian dalam 2 (dua) Bidang Keahlian yang sesuai pada 1 (satu) satuan pendidikan atau lebih;
  3. Calon peserta    didik    SMK    Negeri    dapat    mengubah    pilihan peminatan/kompetensi keahlian dan/atau satuan pendidikan selama masa pendaftaran.

SELEKSI PPDB SMK NEGERI

Tidak berlaku ketentuan zonasi;

  1. Menggunakan nilai raport semester I s.d V SMP/MTs sederajat;
  2. Tambahan Nilai Kejuaraan (NK) sesuai ketentuan;
  3. Nilai akhir digunakan sebagai dasar peringkat calon peserta didik yang merupakan penjumlahan pembobotan nilai raport semester I s.d V, dan NK (Nilai Kejuaraan);
  4. Apabila jumlah pendaftar  melebihi  daya  tampung,  akan  diseleksi berdasarkan prioritas:

        a) calon  peserta  didik  yang  berdomisili  pada  wilayah  provinsi  atau  kabupaten/kota yang sama dengan SMK yang bersangkutan;       

        b) usia yang paling tinggi calon peserta didik.

Penghitungan nilai  rapor  pada  jalur  prestasi  SMA  dan  seleksi  SMK mepertimbangkan akreditasi sekolah dengan konversi yang ditetapkan sebagai berikut :

 
1 Akreditasi A 10
2 Akreditasi B 0,9
3 Akreditasi C 0,8
4 Tidak Terakreditasi 0,7

NILAI AKHIR SMK

Komponen  penilaian  untuk  penghitungan  nilai  akhir  pada  SMK

meliputi:

1)  Jumlah nilai raport semester I s.d V SMP/MTs atau yang sederajat;

2)  Nilai Kejuaraan (NK)

Berdasarkan komponen penilaian tersebut, selanjutnya diformulasikan ke dalam rumus:

NA = (NR x Nilai Akreditasi) + NK

PENETAPAN HASIL SELEKSI

  1. Penetapan peserta didik yang diterima oleh satuan pendidikan dilakukan setelah proses seleksi selesai dilaksanakan.
  2. Penetapan sebagaimana dimaksud  pada  angka  1  dilaksanakan  oleh pengelola satuan pendidikan dan diumumkan kepada masyarakat yang dikoordinasikan oleh Dinas.
  3. Apabila berdasarkan hasil  seleksi  PPDB,  Sekolah  memiliki  jumlah calon peserta didik yang melebihi daya tampung, maka disalurkan ke Sekolah lain dalam zonasi yang sama.
  4. Dalam hal daya tampung pada zonasi yang sama tidak tersedia maka disalurkan ke Sekolah lain dalam zonasi terdekat.

Pengumuman Hasil Seleksi

  1. Penetapan hasil  seleksi  peserta  didik  yang  diterima,  diberitahukan melalui pengumuman secara jelas dan terbuka oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.
  2. Pengumuman penetapan hasil seleksi satuan pendidikan dilaksanakan secara terbuka melalui internet dan papan pengumuman pada satuan pendidikan.
  3. Pengumuman penetapan hasil seleksi satuan pendidikan, berisi tentang: nomor pendaftar, nama calon peserta didik,  asal satuan pendidikan, keterangan zonasi, nilai Raport, Nilai Prestasi, jumlah nilai, dan peringkat hasil seleksi pada satuan pendidikan.

DAFTAR ULANG

  1. Peserta didik yang diterima di satuan pendidikan wajib melakukan daftar ulang, dan bagi yang tidak mendaftar ulang dianggap mengundurkan diri dan tidak dapat mengikuti tahap penyaluran.
  2. Persyaratan daftar ulang bagi calon peserta didik yang dinyatakan diterima adalah sebagai berikut:

        a. Menunjukkan kartu pendaftaran asli;

        b. Menunjukkan Ijazah asli/Surat Keterangan Yang Berpenghargaan Sama (SKYBS) asli 

        c. Lain-lain yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan (poin 1-8 pada persyaratan PPDB;

     3. Ketentuan dan tata cara daftar ulang akan diatur lebih lanjut berdasarkan kondisi  kedaruratan Covid-19.

 

KOMENTAR

Wahyu aji Saputra - Rabu, 17 Juni 2020

Agak membingungkan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT