SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

PENYELENGGARAAN WORKSHOP KTSP FKKS SWASTA KOTA MAGELANG DI SMK NEGERI 3 MAGELANG

Rabu, 05 Februari 2020 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 26 Kali

SMK Negeri 3 Magelang menjadi tempat penyelenggaraan  workshop penyusunan kurikulum  e-KTSP dalam arah kebijakan pendidikan merdeka belajar. Pelaksanaan selama dua hari Selasa-Rabu (4-5/02) oleh Forum Komunikasi Kepala SMK Swasta (FKKS) Kota Magelang. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Pedoman Penyusunan dan Pengesahan KTSP SMK Berbasis Elektronik (e-KTSP) TP 2020/2021, dan hasil rapat koordinasi MKKS SMK Kota Magelang.

Workshop yang diikuti oleh 19 SMK se-Kota Magelang yaitu Waka Kurikulum dan Tim Pengembang Kurikulum dari masing-masing SMK dengan jumlah 38 orang.

 

  

Ketua Forum Komunikasi SMK Swasta Kota Magelang sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara Agung Nugroho, SE menyampaikan tujuan kegiatan workshop ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para guru SMK di Kota Magelang dalam mengembangkan kurikulum implementatif yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sekolah, dan pemangku kepentingan terutama dunia industri/dunia usaha. Meningkatkan kompetensi guru SMK dalam mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan kebijakan pendidikan merdeka belajar. Meningkatkan kompetensi Tim Pengembang Kurikulum di sekolah dalam penyusunan dan Pengesahan KTSP SMK Berbasis Elektronik (e-KTSP) Tahun Pelajaran 2020/2021. Ucapan terima kasih kepada Kepala SMK Negeri 3 Magelang dan tim panitia sekolah yang telah berkenan sebagai tempat penyelenggaraan, dan mempersiapkan semuanya, sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar.

 

  

Workshop dibuka oleh Ketua MKKS SMK Kota Magelang, Drs. Nisandi, MT, didampingi oleh Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana, S.Pd.,M.MPar. Dalam sambutannya Ketua MKKS Kota Magelang, Drs. Nisandi, MT mengingatkan dalam persiapan KTSP untuk mengagendakan sinkronisasi dengan Industri sesuai dengan kompeten keahlian yang ada di SMK. Setiap guru harus mengunggah RPP sebelum tahun ajaran. Segala kegiatan untuk diagendakan/dijadwalkan  agar dikoordinasikan. Kita menyesuaian RPP Merdeka Belajar tetapi untuk tetap mempertimbangkan  esensi pendidikan adalah mencetak secara lengkap ranah pengetahuan, ketrampilan dan karakter.

 

  

Narasumber dan materi dalam kegiatan workshop yaitu Bapak Mahmud, M.Pd Pengawas SMK Kantor Cabang Dinas Wilayah VIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan materi penyususan e-KTSP. Ibu Dra. Dwi Kurniati (SMK Negeri 3 Magelang) dan Ibu Dra. Natalia Mimih HM (SMK Negeri 2 Magelang) menyampaikan materi RPP 1 lembar. Pada Hari kedua materi Penyusunan soal HOTS dan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar disampaikan oleh Bapak Drs. Ramelan, M.Si.

Metode pelaksanaan kegiatan dari mendengarkan ceramah pemateri, tanya jawab, diskusi, demonstrasi sampai dengan praktik dari seluruh peserta workshop.

 

  

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 3 Magelang?

LIHAT HASIL