SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

FIELD TRIP PENGENALAN INDUSTRI KULINER DAN PARIWISATA KOMPETENSI KEAHLIAN KULINER SMK NEGERI 3 MAGELANG

Kamis, 07 Februari 2019 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 220 Kali

Siswa pada era pembelajaran sekarang ini dituntut untuk lebih aktif,kreatif dan memiliki inisiatif yang tinggi untuk mengembangkan wawasannya. Pembelajaran aktif, kreatif, dan bermakna tidak hanya ketika siswa berada didalam kelas, namun dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kegiatan pengenalan industri kuliner dan pariwisata merupakan salah satu rangkaian pembelajaran lapangan (field trip) di kompetensi keahlian kuliner. Peserta didik, guru, maupun tenaga kependidikan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini mendapatkan pengalaman baru yang bermakna  dalam interaksi langsung  dengan dunia industri kuliner dan pariwisata.

Tempat tujuan yang dipilih adalah kota Semarang khususnya kunjungan serta table manner ke Noormans Hotel, kunjungan ke sentra pembuatan bandeng presto UD Mina Makmur dan diakhiri kunjungan ke Cimory On The Valley. Semarang dipilih sebagai tempat tujuan karena cukup dekat dengan Kota Magelang dan memiliki pilihan yang variatif untuk industri kuliner dan hotel.

Kegiatan pengenalan industri kuliner dan pariwisata secara umum bertujuan untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, keterampilan dan wawasan tentang industri kuliner dan pariwisata yang otentik dan terkini sehingga semakin menumbuhkan jiwa kewirausahaan tidak hanya bagi peserta didik namun berguna juga bagi guru dan dan tenaga kependidikan yang mengikuti kegiatan ini.

Pembelajaran otentik dan terkini dalam pembelajaran lapangan diharapkan menciptakan keterampilan berpikir kritis, aktif, kreatif, inovasi, mampu memecahkan masalah dan berkomunikasi dengan baik serta jiwa wirausaha di bidang kuliner.

Kegiatan pengenalan industri kuliner dan pariwisata dilaksanakan Sabtu -Minggu, 2-3 Februari 2019 diikuti oleh kepala sekolah, 17 orang tenaga pendidik dan 105 peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menginap selama satu malam di hotel Noormans , Semarang. Hotel Noormans berlokasi di Jalan Teuku Umar no 27 Jatingaleh Karangrejo Semarang. Hotel Noormans terletrak di wilayah strategis sehingga mudah dijangkau serta memiliki fasilitas yang memadai untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan yang akan dilaksanakan di Hotel Noormans Semarang meliputi hotel tour, cooking class, coffee knowledge, dan table manner.

Kegiatan diawali dengan hotel tour dimana peserta didik diajak berkelilig bangunan hotel untuk melihat secara langsung fasilitas dan bagian dari hotel. Peserta didik diberi pengetahuan tentang jenis-jenis kamar hotel beserta setiap fasilitas di kamar tersebut. Selain itu peserta didik juga diajak untuk melihat bagian bagian dari hotel yang merupakan public area seperti restaurant, lobby, coffee shop dan ballroom. Setelah mengikuti hotel tour peserta didik diajak untuk kembali ke ruang meeting dan menyaksikan demo cooking class. Chef Andreas Herlambang dan team dari hotel Noormans memperlihatkan bagaimana cara membuat beberapa hidangan korea seperti kimchi dan kimbab setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan fruit carving. Sebelumnya Chef Andreas memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana mempresentasikan makanan atau plating dengan baik sehingga makanan bisa ditampilkan dengan baik dan menggugah selera. Pada malam harinya sebelum pelaksanaan table manner, diberikan materi tentang coffee knowledge. Peserta didik diberi pemahaman tentang jenis jenis kopi, cara penyajian dan jenis minuman yang terbuat dari kopi.

Kegiatan di hotel diakhiri dengan table manner bersama yang selama kegiatan berlangsung dipandu oleh pihak hotel sehingga peserta didik dapat mengikuti perjamuan makan resmi dengan baik dan benar. Etika jamuan makan di meja makan merupakan salah satu keterampilan esensi yang wajib dimiliki oleh peserta didik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan di program keahlian kuliner dan pariwisata. Hotel mempersiapkan menu secara lengkap mulai dari appetizer, soup, maincourse sampai dengan dessert. Menu yang disajikan merupakan menu kontinental yang telah di plating dengan sangat baik dan cantik sehingga bisa menjadi contoh untuk anak bagaimana cara plating yang dapat mempercantik hidangan.

Destinasi yang dituju selain hotel adalah sentra pembuatan bandeng presto UD Mina Makmur yang berlokasi di Jalan Purwosari 4 No 17 Tambakrejo Gayamsari. Usaha dagang milik ibu Darmono ini merupakan satu dari banyak sentra pembuatan bandeng yang ada di Semarang. Semarang sebagai pusat pembuatan bandeng presto memiliki banyak pengusaha yang bergerak dibidang pembuatan bandeng presto. Namun yang membedakan UD Mina Makmur dengan sentra pembuatan bandeng presto lainnya adalah prestasi yang sudah di raih oleh UD mina Makmur dan cerita motivasi yang melatar belakangi suksesnya usaha tersebut. UD mina Makmur berawal dari industri rumahan berbasis UMKM yang dikembangkan oleh Ibu Darmono yang merupakan pemilik usaha tersebut. Sebelum secara langsung melihat bagaimana pembuatan bandeng presto ibu Darmono memberikan motivasi dan cerita keusuksesan Ud Mina Makmur. Ibu Darmono menceritakan bagaimana usahanya membangun dan mempertahankan usaha yang sudah berjalan sejak tahun 1986 sehingga bisa tetap eksis hingga sekarang. Diharapkan dengan motivasi yang disampaikan secara langsung oleh pelaku usaha dapat merangsang minat dan jiwa wirausaha anak. UD mina Makmur telah mendapatkan banyak penghargaan dari pemerintah karena usahanya untuk dapat mempertahankan kualitas yang menjaga eksistensi usaha. Ibu Darmono menceritakan perjuangannya untuk tetap bertahan sekaligus mengembangkan usahanya tersebut. Usaha yang dimulai dengan alat yang terbatas dan belum mencukupi kebutuhan sampai dengan sekarang dimana UD mina makmur sudah mulai menggunakan alat yang lengkap dan baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kualitas hasil.

Setelah selesai dengan penjelasan dari UD Mina Makmur, rombongan melanjutkan perjalanan ke Cimory On The Valley. Disana rombongan dapat membeli oleh oleh khas Semarang dan produk produk Cimory. Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa wirausaha dan kreatifitas peserta didik serta untuk memunculkan inisiatif sehingga peserta didik lebih kreatif dan aktif.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 3 Magelang?

LIHAT HASIL