You need to enable javaScript to run this app.

Panen Hasil Karya Siswa P5 Di SMKN 3 Magelang

  • Rabu, 22 Mei 2024
  • Tim Jurnalistik
  • 0 komentar
Panen Hasil Karya Siswa P5 Di SMKN 3 Magelang

MAGELANG- SMKN 3 Magelang menyelenggarakan kegiatan Panen Hasil Karya Siswa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  ( P5) pada Rabu 22 Mei 2024 di selasar sekolah setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk merayakan pencapaian peserta didik dan kontribusi pendidik/ tenaga kependidikan SMKN 3 Magelang dalam kegiatan P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ), mengakui pentingnya nilai layanan sekolah kepada semua pihak, dan  mengakui pentingnya keterlibatan warga sekolah dalam masyarakat dan lingkungan sekolah.

Acara dipandu oleh Reisya Edrilia Azzah ( X Broadcasting-Perfilman) dan Adinda Ayudya Kinanti ( XI Kuliner 1). Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa kelas X dan XI dari lima program keahlian di SMKN 3 Magelang, yakni Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broascasting dan Perfilman, dan Busana dan semua guru-karyawan.

 

Panen Hasil Karya Siswa ini merupakan puncak kegiatan pembelajaran P5 dengan tema kearifan lokal untuk kelas X dan XI. Pembelajaran diawali dengan pembuatan modul ajar oleh tim koordinator kelas baik fase E maupun fase F. Kemudian modul tersebut disampaikan ke perserta didik oleh Bapak/Ibu guru fasilitator P5 melalui berbagai strategi dan model pembelajaran, di antaranya dengan menghadirkan guru tamu di sekolah. Selanjutnya peserta didik melaksanakan observasi di masyarakat secara berkelompok sesuai dengan topik pilihan masing-masing. Setiap kelompok terdiri dari 5 s.d. 6 orang.

Mila Yustiana, S.Pd.,M.MPar. selaku kepala SMKN 3 Magelang dalam sambutannya mengatakan bahwa pada hari ini kita menyaksikan hasil pendampingan Bapak/ Ibu fasilitator dan pendamping P5 di kelas X dan XI dengan tema kearifan lokal. Apakah anak-anak dalam mengerjakan produk yang dipamerkan tersebut sudah memunculkan berbagai dimensi yang akan dicapai dalam tema kearifan lokal? Mudah-mudahan tidak hanya gelar karyanya saja yang meriah tetapi  dimensi yang ditargetkan sejak awal juga bisa tercapai.

Aktivitas yang ditampilkan dalam Panen Hasil Karya Siswa dalam Projek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, di antara pameran produk karya siswa, berbagai tarian, prosesi Tedak Siten, dan refleksi kegiatan P5 dalam bentuk stan pameran, video, portofolio hasil observasi, pementasan kreasi seni dan prosesi Tedhak Siten.

Produk yang dipamerkan berupa makanan dan minuman tradisional, seperti getuk, slondok, peyek, ketan lopis, dawet, jamu, bubur lendrang, sop senerek, criping getuk, sate getuk, jenang candil, jenang sumsum, dll. Ada juga wayang, kain batik, gerabah, taplak meja, dll. Prosesi acara Tedak Siten ditampilkan dengan segala perlengkapannya, seperti kurungan ayam, tangga dari pohon tebu, pisang raja, bunga setaman, jajan pasar, berbagai jenang, dan udhik-udhik. Tarian yang disajikan dalam acara tersebut ada dua yakni tari Kuntulan dan tari Deghleng. Tari Kuntulan ditarikan tiga orang dari kelas XI PH 1, yakni )  Amrina Dzakiya Elvariani, Chalistha Beata Putri Letdiana, dan Ilham Akbar Maulana sedangkan tari Deghleng oleh  Maya Vityawati ( XI KC 1). Acara diakhiri dengan refleksi P5 yang diwakili oleh Nadia Qurrota Aini ( X BC ) dan  Erriyana Aulia Maheswari ( XI KC 2).

Penulis Tim Jurnalistik Skaniga ( Umi Khayah Rusiyanah)

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner