You need to enable javaScript to run this app.

Komitmen Bersama Orang Tua Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

  • Kamis, 01 Februari 2024
  • Tim Jurnalistik
  • 0 komentar
Komitmen Bersama Orang Tua Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Kompetensi keahlian Perhotelan SMK Negeri 3 Magelang berupaya meningkatkan layanan pendidikan maupun kualitas pembelajaran dengan mengomunikasikan kegiatan sekolah kepada orang tua murid khususnya kelas XII. Kegiatan sosialisasi ini merupakan komunikasi berkelanjutan dengan orang tua murid agar memiliki komitmen bersama dalam merealisasikan tujuan tersebut.

Kegiatan dilaksanakan hari Selasa, 31 Januari 2024 bertempat di lantai 2 ruang pertemuan Edu Hotel Citra, dibuka oleh kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar. Mila menyampaikan pasca PKL (Praktik Kerja Lapangan) selama enam (6) bulan murid kembali ke sekolah dengan dinamika dan budaya sekolah sehingga perlu adaptasi. Pendampingan bersama dari sekolah dan orang tua sangat penting dalam mendukung pembelajaran sebelum menamatkan pendidikan di SMK Negeri 3 Magelang.

Bekerja, berwirausaha maupun melanjutkan pendidikan merupakan pilihan setelah menamatkan pendidikan. Mila juga memaparkan dengan bekal ilmu yang di dapat, berguna bagi murid dalam menentukan pilihan setelah tamat. Jika hendak melanjutkan pendidikan maka beliau menyarankan untuk selektif memilih universitas karena seleksi masuk perguruan tinggi negeri bukan kewenangan sekolah melainkan langsung dari Kemdikbudristek bagi murid yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat (eligible) untuk mengikuti seleksi selain nilai, tutur Mila.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum Sutji Sadarini, S.Pd. dan tim Kurikulum Umi Khayah Rusiyanah, S.Pd. memaparkan jadwal kegiatan PSAJ (Penilaian Sumatif Akhir Jenjang) dan UKK (Uji Kompetensi Keahlian). Selain jadwal, persyaratan, hak dan kewajiban peserta juga disampaikan sehingga orang tua ikut mengambil peran strategis dalam mendukung,  mendoakan dan memotivasi anak.

Ketua Kompetensi Keahlian Perhotelan Iswati Ardiyanti, S.Pd. menyampaikan jadwal UKK dan sertifikasi kompetensi keahlian Perhotelan dengan LSP P3 (Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Ketiga). Skema sertifikasi pilihan murid adalah skema sertifikasi receptionist dan skema sertifikasi room attendant. Selain persyaratan dan uji praktik, Iswati juga mengajak orang tua untuk bersama-sama berkomitmen dan konsisten dalam mendampingi anak dalam mempersiapan hingga pelaksanaan kegiatan. Harapannya semua murid mendapatkan predikat kompeten serta mendapatkan pengakuan kompetensi dengan sertifikat kompetensi logo burung garuda emas yang berlaku secara internasional.

Orang tua murid yang hadir sangat kooperatif dan siap mendukung segala program sekolah. Mereka berharap sekolah selalu menjalin komunikasi intensif dengan orang tua dan anak untuk mencapai tujuan bersama meningkatkan kualitas pembelajaran.

 #komitmenbersamaorangtua

#SMKbisa

 #SMKPariwisata

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner