SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

PROKE JASA BOGA GELAR PEMBIMBINGAN PLATING HADIRKAN CHEF DARI ICA JATENG

Jum'at, 02 Februari 2018 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 735 Kali

Program Keahlian (Proke) Jasa Boga SMK Negeri 3 Magelang mengadakan Pembimbingan Plating bagi siswa kelas XII bersama chef/pakar kuliner dari ICA (Indonesian Chef Association). Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 29 – 30 Januari 2018. Narasumber adalah chef yang berada di bawah naungan ICA Jawa Tengah yaitu Chef Handy Sapta Putra dan Chef Andreas Herlambang.

Kepala SMK Negeri 3 Magelang Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar dalam sambutan pembukaan acara tersebut sangat mendukung dan memberi apresiasi kepada Proke Jasa Boga yang mengadakan kegiatan tersebut. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Chef Handy dan Chef Andreas yang sudah datang meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan keterampilan terutama di bidang penataan penyajian makanan (plating).

“Tentu saja harapannya dapat menambah ilmu, wawasan pengalaman kepada siswa agar lebih kompeten dalam bidang kuliner. Selain itu kegiatan ini ditujukan untuk memantapkan siswa kelas XII Jasa Boga dalam menghadapi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) akhir Februari besok,” terang Mila.

Pada acara tersebut, Chef Handy dan Chef Andreas menyampaikan teori penyajian makanan dan perkembangannya di hotel dan restoran secara umum. Chef Andreas secara langsung mempraktikkan bagaimana cara menyajikan Soto Nusantara menjadi lebih menarik dan bernilai jual tinggi. Selain soto, dalam kegiatan tersebut  siswa juga ditunjukkan penataan hidangan lauk, hidangan penutup Indonesia, Appetizer, Soup, Maincourse, dan Dessert.

Antusiasme siswa sangat tinggi ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang mereka tujukan kepada kedua narasumber. Beberapa siswa bahkan menunjukkan hasil penataan makanan yang mereka lakukan kemudian meminta penilaian dari Chef Andreas dan Chef Handy.

Semangat dan antusis siswa dalam mengikuti pembimbingan plating sungguh luar biasa, mereka merasa senang bisa langsung berkonsultasi dengan chef-chef yang sudah lama terjun dan berkecimpung di dunia kuliner, apalagi Chef Andreas juga memberikan semangat dan menunjukkan hasil-hasil karya beliau melalui akun instagramnya. Chef Handy juga memberikan support agar para siswa lebih menekuni dan mau berusaha keras karena bidang boga adalah masa depan yang menjanjikan,” sambung Mila.

Januwijarti, Ketua Program Keahlian Jasa Boga merasa mendapat kehormatan dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Chef Handy dan Chef Andreas atas kesediaanya menjadi guru tamu yang ikut berpartisipasi dalam upaya memajukan dan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi siswanya.

Lebih lanjut, Wanda dan Namira siswa kelas XII Jasa Boga 3 yang ditemui seusai acara berlangsung menyampaikan bahwa acara yang baru saja mereka ikuti sangat bermanfaat karena dapat memberikan gambaran/inspirasi, menambah wawasan dan memunculkan ide untuk menghidangkan hasil praktik pada saat ujian nanti. Rasanya waktu yang disediakan masih sangat kurang, kami belum puas menggali ilmu dari kedua chef. Harapan ke depan, semoga kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan lagi dengan durasi waktu yang lebih panjang sehingga siswa dapat terlibat langsung.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 3 Magelang?

LIHAT HASIL