SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

PENGOLAHAN SAMPAH MENJADI BARANG BERNILAI EKONOMIS

Selasa, 15 November 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 53 Kali

MAGELANG- SMK Negeri 3 Magelang menghadirkan guru tamu dalam melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5)  fase F yang mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan topik pengolahan sampah menjadi barang bernilai ekonomis pada hari Senin 14 November 2022 di aula sekolah setempat.

Endri Aribowo,S.Sn. selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan menyambut gembira kegiatan ini karena dengan pengolahan sampah yang ada di sekolah maka lingkungan sekolah akan bersih dan berimbas pada keehatan penghuninya.

Enti Sri Hardani sebagai Ketua Bank Sampah RW VIII kelurahan Jurang ombo Selatan dan sebagai fasilitator kelompok kelurahan Jurang ombo Utara hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Beliau menyampaikan upaya mengurangi produksi sampah membutuhkan strategi komprehensif meliputi pemilahan, pengolahan, dan pengelolaan sampah. Pemilahan berarti memilih sampai yang organik dan sampah anorganik. Sampah yang bisa didaur ulang itu diolah menjadi aneka kerajinan tangan yang bermanfaat, seperti tas, kursi, vas bunga, piring hingga menjadi lukisan pajangan dinding. Sampah organik diolah menjadi pupuk tanaman. Kemudian sampah yang memang tidak memungkinkan diolah dibuang di Tempat Pembuangan Akhir.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas XI dari lima kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Magelang, yakni Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broadcasting dan Perfilman, dan Busana.

 Penulis Tim Jurnalistik Skaniga- Umi Khayah Rusiyanah

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT