SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

GENERASI JEMPOLAN, GENERASI ANTIPERUNDUNGAN

Rabu, 09 November 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 78 Kali

MAGELANG- SMK Negeri 3 Magelang menyelenggarakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5) pada fase E,  tema Bangunlah Jiwa Raganya dengan topik cegah perundungan di dunia maya dengan menghadirkan guru tamu pada hari Rabu, 9 November 2022 di aula sekolah setempat.

Mila Yustiana, S.Pd.,M.MPar selaku Kepala SMK N 3 Magelang mengatakan bahwa anak-anak harus siap, semangat dan fokus untuk mengikuti kegiatan antiperundungan ini, yang pada akhirnya membuat kesadaran untuk bisa mencegah adanya tindakan perundungan di manapun.

Generasi Jempolan itu generasi yang tidak melakukan perundungan dan bisa mencegah adanya perundungan atau generasi antiperundungan.

Fuzna Marzuqoh selaku narasumber menyampaikan bahwa menurut  UNICEF, bullying itu ada 3 unsur yakni adanya unsur kesengajaan, terjadi berulang-ulang, dan ada perbedaan superioritas.

Bullying (dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “penindasan/risak”) merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus

Perundungan digolongkan dalam 6 kategori, yakni kontak fisik langsung, kontak verbal langsung, perilaku nonverbal langsung, perilaku nonverbal tidak langsung, cyber bullying, dan pelecehan seksual.

Pelaksanaan dibagi dalam 2 shif. Pertama dilaksanakan pukul 08.00 s.d. 09.30 dengan peserta siswa kelas X Busana dan kelas X Perhotelan. Sedangkan shif kedua dilaksanakan pada pukul 10.00 s.d. 11.30 dengan peserta siswa kelas X Kuliner, X Kecantikan, dan X Broadcasting.

Penulis Tim Jurnalistik Skaniga-Umi Khayah Rusiyanah

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT