SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

PEMBUATAN KOLEKSI BUSANA BERSAMA DAVID YAN SALATIGA

Selasa, 20 September 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 192 Kali

MAGELANG- Program Keahlian Busana SMK Negeri 3 Magelang mengadakan kegiatan Program Guru Tamu Industri bersama David Yan Pimpinan Butik “deShalma”, Selasa (20/9) di SMK Negeri 3 Magelang. Acara ini ditujukan untuk peserta didik kelas 11. Kegiatan guru tamu ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pembuatan koleksi busana pada mapel Desain dan Produksi Busana.

Pendampingan pembuatan koleksi dilakukan tiga kali pertemuan. Pendampingan pertama dilakukan pada hari Kamis (1/9) dengan kegiatan penyampaian materi penyusunan koleksi busana, pendampingan kedua dilakukan pada hari kamis (8/9) dengan kegiatan pembuatan desain busana, dan pendampingan ketiga dengan kegiatan evaluasi hasil koleksi busana. Pembuatan koleksi busana diawali dengan penentuan tema, menentukan inspirasi, membuat moodboard, membuat decoding, membuat serial, membuat coordinat, membuat technical drawing, membuat ilustrasi, dan produksi busana.

Projek pembuatan koleksi busana terbagi dalam tiga koleksi yaitu koleksi busana dengan tema Korean Style (11 busana 1), koleksi busana dengan tema Urban (11 busana 2), dan koleksi busana dengan tema Japanes (11 busana 3). Setiap kelas membuat satu koleksi busana dengan jumlah 6 outfit. Satu outfit terdiri dari outer, iner, dan rok.

Dalam kegiatan evaluasi ini setiap kelas mempresentasikan koleksi busana yang dibuat, dengan menjelaskan konsep moodboard sampai hasil akhir koleksi busana. Selanjutnya David Yan memberikan masukan dan saran diantaranya penggunaan hiasan yang bisa dimaksimalkan lagi ukurannya, teknik menjahit dan penyelesaian yang sesuai untuk busana ready to wear.

Tim Jurnalistik Skaniga (Arin)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT