SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

SMKN 3 MAGELANG MENYELENGGARKAN WORKSHOP PENGUATAN KARAKTER BERBASIS MAINDSET CHANGE

Jum'at, 16 September 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 121 Kali

MAGELANG- Hari ini (16/8) SMKN 3 Magelang menyelenggarakan Workshop Penguatan Karakter Berbasis Maindset Change di Aula setempat. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala SMKN 3 Magelang, Narasumber dari Direktur Sinergi Jogja Media, 85 guru Normatif Adaptif dan Produktif. Kegiatan workshop ini dipandu oleh Anton Prayitno, SE.,MM dan dimulai pukul 08.00 WIB sd 11.00 WIB.

Mila Yustiana, S.Pd.,M.MPar selaku kepala sekolah SMKN3 Magelang dalam sambutannya mari kita dipahamkan maindset kita dalam kegiatan ini agar kita dapat melakukan perubahan kepada putra putri kita. Bagi yang merasa sudah kuat semakin hebat bisa dikembangkan bagi yang belum kea rah sana mari kita sama-sama mengubah maindset kita termasuk diri saya sendiri.

“Saya yakin Kita bisa berubah kita bisa membawa SMKN 3 Magelang semakin hebat semakin maju semakin menggema dan semakin unggul” tambahnya.

Narasumber Wahyu Sigit Riyadi dalam materinya menyatakan Maindset BUKAN Metode, Maindset BUKAN Kurikulum tetapi Maindset adalah Pola Pikir atau Paradigma. Pola pikir merupakan keyakinan seseorang dalam membentuk atau mengkontruksi pemahaman diri dan lingkungan. Karakter merupakan watak, tabiat sifat kepribadian untuk kematangan moral seseorang

Kegiatan Workshop ini tidak hanya penyampaian materi saja oleh narasumber namun ada kegiatan diskusi kelompok oleh guru-guru. Guru dibagi menjadi 7 kelompok untuk menjawab 4 pertanyaan sebagai refleksi diri selama ini menjadi guru. Pertanyaan yang harus didiskusikan dalam kegiatan tersebut adalah 1. Pola pikir yang berjalan sekarang seperti apa? 2. Pola pikir seperti apa yang mau dirubah? 3. Mangapa harus ada perubahan Pola pikir? 4. Bagaimana menempatkan Pola pikir terhadap tuntutan perubahan?

Pada akhir kegiatan diskusi salah satu perwakilan kelompok dipersilakan untuk presentasi. Kelompok 1 diwakili oleh Anjar Aji Aji Saputra, S,Pd. Kelompok 2 diwakili oleh Rita Wahyuningsih, S.Pd. Kelompok 3 diwakili oleh Evi Setyowati, S.Pd.I. Kelompok 4 diwakili oleh Umi Khayah Rusyanah, S.Pd. kelompok 5 diwakili oleh Etika Wahyu Perdani, M.Kom. Kelompok 6 diwakili oleh Sumiyatun, S.Pd.T.,M.Pd. Kelompok 7 diwakili oleh Vera Ira Maya Rohi, S.ST., M.Pd.

Kegiatan Workshop ini memiliki 4 tujuan untuk membangun pola pikir yaitu siswa sebagai pusat /Subjek focus pada siswa bukan pada masalahnya. Guru harus terbuka bukan untuk mengoreksi siswa tetapi untuk mengoneksikan bukan mengkonfrontasi tetapi untuk menghormati bukan pula memberi tahu tetapi untuk membuka kesadaran. Guru membantu memngembangkan pemikiran siswa. Antar guru saling menyemangati, tukar pendapat, dan membangun semangat berkolaborasi.

“Ayo SMKN 3 Magelang Gumregah Lumangkah meyakini perubahan itu Bisa, Ada dan Nyata” Pernyataan terakhir narasumber untuk menyemangati guru-guru SMKN 3 Magelang.

Penulis: Tim Publikasi SMKN 3 Magelang Nurul Istiqomah, S.Pd

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT