SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Peserta Didik Kecantikan dan Spa Melakukan Pemantapan Keterampilan Barber

Kamis, 15 September 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 196 Kali

Magelang. Peserta didik tingkat XII Kecantikan dan SPA SMK Negeri 3 Magelang melalui kegiatan guru tamu memantapkan keterampilan pemangkasan rambut pria (Teknik Barber). Guru tamu dari Garasi Barbershop yang dipimpin oleh Em Dela Jhon Pamungkas melakukan sharing ilmu pada Kamis (15/9) bertempat di Ruang Rambut lantai 2 SMK Negeri 3 Magelang.


Pembelajaran dilaksanakan mulai dari analisa, langkah kerja, hingga finishing. Peserta didik belajar bagaimana memakaikan keep pangkas yang benar, melakukan pembagian rambut (parting), dan melakukan komunikasi. Menanyakan kepada pelanggan mengenai model pangkasan yang diinginkan dan tingkat ketebalan rambutnya. Tinggi rendah rambut dan bagian atas turut dikomunikasikan kepada pelanggan.


Di dalam menentukan ketebalan rambut bagian samping belakang peserta didik memelajari ukuran yang meliputi nol/ fade yaitu #0#1# cm. Tipis/ taper dengan ukuran pangkas rambut #1#2 cm. Sedang/ classic dengan ukuran #2#3#, #3#4#, #2#4#. Jenis ketebalan selanjutnya adalah panjang/ long trim dengan teknik gunting/ over comb.


Em Della menjelaskan, tinggi rendah rambut yang diinginkan oleh pelanggan juga harus dipelajari. Di mana tinggi rendah rambut terdiri dari low (rendah) di bawah telinga 1 cm, mid (tengah) V poin, dan high (tinggi) di atas telinga 1 cm.


Untuk alur pengerjaan dimulai dari atas (langsam), bagian bawah dengan membuat garis. Sedangkan pada bagian tengah dengan menghilangkan garis dan perpaduan. Selanjutnya alur over comb dan hair line (shave down).


Rambut bagian atas dikoreksi melalui tiga titik. Dikoreksi dengan cara miring pada 4 bagian. Selain miring sebanyak 5 bagian. Sedangkan untuk rambut atas bros/ cepak/ flat top dikoreksi menggunakan clipper.


Penyelesaian pangkas Teknik Barber dengan membersihkan hair baby, merapikan jambang, melakukan kerok pada bagian rambut tertentu, kemudian dicek menggunakan kaca belakang. Terakhir rambut bisa ditata dengan disasak.


Maesaroh Nurlaila, S.Pd., Ketua Program Keahlian Kecantikan dan Spa mengharapkan kegiatan guru tamu ini mampu meningkatkan keterampilan peserta didik khususnya pada Pemangkasan Rambut Pria (Teknik Barber). “Belajar melalui pakar yang kompeten di bidangnya, peserta didik akan kompeten dan siap terjun di dunia industri kecantikan,” tutup Maesaroh. [Sumiatun]

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT