SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Magelang Keren

Kamis, 11 Agustus 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 217 Kali

Magelang Keren (Kelurahan Entrepreneurship Center) adalah salah satu program unggulan Kota Magelang. Program pelatihan dan pembentukan 1500 wirausaha muda (startup) dan ruang usaha baru, pengembangan daya saing daerah berbasis inovasi dan potensi lokal.

Penyelenggaraan pelatihan bagi warga Kelurahan Magelang bertempat di Kantor Kelurahan Magelang, Kota Magelang pada hari Rabu, 10 Agustus 2022. SMK Negeri 3 Magelang diberikan kesempatan oleh Ketua Tim Ahli Magelang Keren untuk mengobservasi kegiatan tersebut dan diwakili oleh Teens Leader Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) Perhotelan, Ananda Ahnaf Zufar kelas XI Perhotelan 1 dan didampingi oleh  penanggung jawab SPW Perhotelan.

Acara Magelang Keren di Kelurahan Magelang dibuka oleh Lurah Kelurahan Magelang tepat pukul 13:30 WIB. Hadir sebagai nara sumber Ketua Tim Ahli Magelang Keren, Kristali Vega dan Bidang Koperasi dan Usaha Mikro, Disperindag Kota Magelang, Aziz Khariri.

Pada kegiatan tersebut Vega mengungkapkan keputusannya untuk berani melepaskan diri dari zona nyaman dengan tidak menjadi ASN meskipun telah ada ikatan dinas dan memilih menjadi wirausahawan. Vega merendah dengan mengatakan bahwa bisnisnya adalah "bisnis receh" namun dengan kegigihan, mampu mewujudkan mimpi meraih sukses lahir batin dan mapan di usia muda.

Vega memaparkan strategi memulai bisnis dengan pendekatan bisnis melalui konseling untuk mencari minat dan bakat, coaching berfokus pada pembinaan dan pengembangan yang diperlukan, training untuk memudahkan adaptasi kinerja yang efektif dan mentoring untuk meningkatkan soft skill serta hard skill bagi yang telah berpengalaman di bidangnya sehingga terbentuk ekosistem bisnis yang ideal dikembangkan dengan kolaborasi dan berjejaring.

Vega juga memberikan wawasan terkait cara membuat analisis SWOT diri sendiri dan daftar periksa perencanaan bisnis.

Sedangkan nara sumber dari Bidang Koperasi dan Usaha Mikro, Diskoperindag Kota Magelang, Aziz Khariri memberikan wawasan mengapa jadi pengusaha dengan cerita inspiratif dari kegagalan sampai menjadi wirausahawan sukses. Disamping sebagai ASN, Aziz tetap menjadi pengusaha sukses yang semuanya dimulai dari keberanian untuk gagal namun mampu bangkit hingga memiliki bisnis yang menggurita dan berkelanjutan sampai saat ini.

Aziz memberikan rumus jitu usaha berupa mind set (pola pikir), praktik, konsisten dan doa.

 Setelah kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan pendekatan bisnis seperti yang telah

dipaparkan oleh Ketua Tim Ahli Magelang Keren.

#magelangkeren

#wirausahamuda

 #beranikeluardarizonanyaman

 

 

Penulis: Vera/ Tim Jurnalistik Perhotelan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT