SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Sablon Tas dan Amplop Lebaran Karya Siswa Multimedia

Rabu, 27 April 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 119 Kali

MAGELANG – Siswa SMK Negeri 3 Magelang kompetensi keahlian Multimedia pada bulan Ramadhan tahun 2022 membuka jasa sablon tas  dan memproduksi amplop lebaran di sekolah setempat.

               

Jenis tas yang disablon adalah tas spunbond. Tas ini dibuat dari bahan spunbond. Spunbond adalah kain sintetis yang terbuat dari bahan polypropylene atau biji plastik dengan panjang yang terikat dan tersusun kuat melalui proses kimiawi. Meskipun terbuat dari biji plastik , tetapi bahan  spunbond merupakan bahan yang ramah lingkungan alias tidak berbahaya bagi lingkungan.

Tiga siswa kompetensi keahlian multimedia kelas 12 menyablon tas sponbond dengan ketebalan kain 70 gsm dan berat 30 gram secara manual. Mereka adalah Muhammad Ibnu Fauzi, Ghazy Syarifudin, dan Dimas Pamungkas. Mereka memilih bahan spunbond karena lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan bahan plastik atau kertas.

             

Alat yang dibutuhkan untuk menyablon di antaranya screen sablon manual, rakel sablon, triplek ( untuk alas sablon), hair dryer sablon, meja sablon, lap/ tisu, dan alat semprot. Bahan yang dipakai tinta sablon warna putih dan kuning, tas sponbond, dan air.

Ada 3 tahapan dalam menyablon, yakni desain, pembuatan film atau klise sablon, dan proses stencil atau afdruk. Dalam proses desain kita memikirkan ide atau gambar yang akan digunakan. Ide-ide yang akan dihadirkan pada tahapan visualisasi sehingga ide tersebut akan dibuat bentuk fisiknya. Setelah mendapatkan ide, dilanjutkan ke tahap pembuatan desain/ gambar. Bisa menggunakan desain/ gambar yang sudah ada tetapi terlebih dahulu  diedit agar hasilnya lebih maksimal. Pengeditan biasanya menggunakan komputer atau laptop. Program yang biasa digunakan adobe photoshop atau corel draw. Setelah itu gambar diafdruk. Proses mencetak gambar menggunakan teknik sapuan rakel. Penggunaan teknik ini dengan cara mentransfer tinta ke media dengan menggunakan kain saring atau screen.

Langkah- langkah menyablon tas secara manual. Pertama kita siapkan meja untuk sablon, memberi landasan berupa triplek di dalam tas agar sablon tidak tembus ke permukaan bawah tas . Lalu letakkan tas ke meja agar tidak geser. Gunakan capitan untuk menahan tas .Kemudian letakkan screen sablon di atas tas. Tuang tinta pada screen secukupnya. Lakukan proses gesut pada screen dari atas ke bawah sampai hasil sablon terlihat tebal dan bisa dibaca. Setelah itu lepas screen dari atas tas.  Lalu  tas digantung atau langsung bisa dikeringakan menggunakan hair dryer. Setelan sablon kering, kita kumpulkan tas dan ditumpuk menjadi satu.

           

Di samping itu siswa kelas 11 kompetensi keahlian Multimedia juga memproduksi amplop lebaran. Mereka adalah Luthfi Zhafira, Ana Hartati, Zidan Fahmi L. Shidiq, dan Ahmad Daffa Fauzi.

        

Anak-anak mengembangkan kreasinya dengan membuat amplop yang bahannya kertas hvs A4 dengan berat 80 gsm dan 100 gsm. Alat yang digunakan gunting, lem, cutter, dan penggaris. Desain amplop dicetak di atas kertas yang sudah disediakan. Kemudian digunting mengikuti pola yang ada. Setelah itu kertas dilipat sesuai pola amplopnya. Usahakan bagian pinggir kertas yang digunting tersebut terlihat rapi. Rekatkan menggunakan lem agar kuat dan tidak terbuka. Amplop kreasi lebaran pun selesai. 

 

            

                                      Tim Jurnalistik Skaniga

                                        

                                    Umi Khayah Rusiyanah

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT