SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

TATA BUSANA SMK NEGERI 3 MAGELANG GELAR FASHION SHOW DIGITAL

Rabu, 11 Mei 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 70 Kali

Program Keahllian Tata Busana setiap tahun selalu mengelar kegiatan Fashion show hasil karya siswa kelas XII SMK Negeri 3 Magelang yang selalu dilaksanakan di Artos Mall, akan tetapi untuk tahun ini mengingat kondisi saat ini masih Pandemi Covid-19, maka kegiatan tersebut akan diwujudkan dalam daring atau virtual yaitu Fashion Show Digital dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan standart kesehatan. Kegiatan fashion show ini yang dilaksanakan pada hari Rabu tgl 11 Mei 2022 bertempat di Pendopo Bakorwil II Magelang. 

 

 

Terinspirasi dari sebuah permata yang sangat indah, permata terbaik yang mempunyai  harapan yang sangat besar untuk anak-anak didik kelak menjadi permata yang membanggakan.

Bahan utama   berupa kain d”JeliPat  dengan berbagai motif,   dikombinasikan dengan bahan tenun / lurik  dan material lain sehingga menghasilkan karya busana  spektakuler, modern  dan dapat diterima oleh khalayak khususnya pemerhati di bidang fashion, sekaligus  dapat mengangkat kearifan lokal.

 

  

Ibu Dr Nikmah Nurbaity, S.Pd,,M.Pd,BI selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Propinsi Jawa Tengah mengatakan sangat bahagia dan bangga kepada siswa SMK Negeri 3 Magelang terutama jurusan Tata Busana yang telah melaksanakan Fashion Show ini, yang telah menunjukkan bakat dan minat dibidang fashion serta memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kepala Sekolah, ibu guru busana dan siswa atas terselenggaranya acara fashion show ini.

 

  

Ibu Mila Yustiana S.Pd, M MPar selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Magelang mengatakan “Fashion show  dengan tema GARJITA CUNDAMANI ini menampilkan 101 outfit  hasil karya siswa kelas XII Tata Busana SMKN 3 Magelang,  terdiri dari 3 jenis busana yaitu Busana Muslim, Busana Casual dan Kebaya. Koleksi busana yang ditampilkan pada Fashion Show kali ini menggunakan bahan utama  produk Unggulan SMK Negeri 3 Magelang dengan brand d’JeLiPat. Pada bulan April yang lalu brand d’JeLiPat tampil di ajang Indonesia Fashion Week. Ajang kreatifitas siswa ini diharapkan dapat  mengexplore kompetensi dan meningkatkan  rasa percaya diri siswa dalam berkarya dan kelak  setelah lulus dari almamater  siap terjun di industri  fashion sesuai dengan passionnya  masing-masing. Keseluruhan   peragawati   yang tampil merupakan kolaborasi  siswa tata busana dan alumni Tata Busana.

 

   

Bapak Wiwid Hosanna selaku desainer pendamping (Owner Hosanna Moda Yogyakarta) yang mewakili para desainer mengatakan “Merasa senang sekali dengan hasil karya pada fashion show ini, selama kurang lebih 10 tahun mendampingi siswa di sekolah melihat perkembangan yang sangat bagus. Dengan adanya fashion show hasil karya siswa ini, dimana siswa dituntut untuk memiliki skill atau kompetensi yang diharapkan, dengan membuat project siswa dilatih untuk membuat suatu karya  yang yang berbeda dengan yang lain, saya support, semakin maju, semakin berkreasi dan berkarya serta ke depannya akan menjadi percontohan dari sekolahan lainnya, tambahnya.

 

  

Siti Solikhah Nur Khoolidah kelas XII Busana 2 sebagai ketua panitia fashion show ini menyampaikan ”Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada ibu kepala sekolah, desainer pendamping, ibu guru tata busana, komite sekolah, dan wali murid yang telah mendukung dalam pelaksanaan Fashion show hasil karya pada hari ini secara online. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan hasil karya siswa. Project tersebut dimulai dari membuat desain, membuat pola, memotong pola, memilih kain, memotong kain, menjahit sampai dengan finishing seperti memayet pada busana kebaya dan busana pesta muslim. Besar harapan kami, kegiatan ini dapat mengedukasi dan menjadi sarana belajar bagi kita semua, sekaligus sebagai ajang  mempromosikan hasil karya siswa kepada khalayak. Selamat dan sukses kepada seluruh siswa kelas XII Program keahlian Tata Busana yang telah menyelesaikan tugas akhir dengan hasil yang memuaskan, tambahnya. Untuk semua hasil karya dari siswa dapat dilihat pada media sosial seperti Youtobe SMK Negeri 3 Magelang, IG @d’Jelipat dan @plengkung_vhs3.(Ning/Yuli)

 

                                                                           

          

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT