SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

d’JeLiPat SMK Negeri 3 Magelang Ikuti Indonesia Fashion Week (IFW)

Minggu, 17 April 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 358 Kali

MAGELANG_ Setelah sukses dalam ajang Fashion Show di Yogyakarta (JMFP dan MUFFEST), SMK Negeri 3 Magelang mengikuti fashion show yang lebih tinggi lagi yaitu ”Indonesia Fashion Week” (IFW) tahun 2022 pada hari Minggu  17 April 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). 

Indonesia Fashion Week (IFW) 2022 ini menjadi bukti bangkitnya Industri Fashion Indonesia yang sempat colaps terkena imbas pandemi Covid- 19. Momen ini juga menjadi penyemangat bagi para pelaku industri fashion di tanah air untuk terus menciptakan karya terbaiknya. Tema yang diusung IFW 2022 tahun ini masih sama dengan IFW 2020 yang tidak jadi digelar karena alasan pandemi, yaitu ‘Tales Of the Equator-Treasure of the Magnificent Borneo’. Lewat tema tersebut IFW ingin memperlihatkan keindahan bumi Kalimantan kepada dunia internasional dengan menampilkan koleksi fashion para desainer tanah air.

          

Desainer SMK Negeri 3 Magelang yaitu Rizka Amanda Putri, Arum Ayuning Tyas, Bernika Giva Septimorani dan Heru Krisnanto. Keempat siswa tersebut adalah siswa Program Keahlian Tata Busana di kelas XII Busana 1 yang menampilkan koleksi empat oufit dengan mengusung tema “Treasure Of Magnificent Borneo”. Busana ini terinspirasi dari cerita dibalik rahasia salah satu kota terpencil di tanah Borneo. Saranjana merupakan kerajaan atau kota besar alam gaib yang dipercaya berada di Kalimantan Selatan, lokasi tepatnya di Pulau Halimun atau Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, kota yang tidak terdapat dalam peta. Busana ini didominasi unsur warna biru, kuning dan putih yang menggambarkan keagungan dan ketenangan dalam kehidupan. Pemilihan bahannya juga cenderung berani, yaitu penggunaan kain sintetis, tulle, serta kombinasi kain tie die bermotif geometris dan abstrak, dan tetap mengangkat Kain Produk Unggulan Kompetensi Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang yaitu brand d’JeLiPat. Rasa dan elemen-elemen dari gambaran monumen kerajaan Saranjana ke dalam desain baju dan ilustrasi kain pada koleksi ini sangat nyata. Dengan gaya feminisme classic yang ditampilkan dalam gelaran Indonesia Fashion Week 2022.

             

 

Mila Yustiana, S.Pd.,M.MPar. selaku Kepala SMK Negeri 3 Magelang mengatakan karya siswa yang  tampil ini juga merupakan progres dari kurikulum berbasis industri, di mana sekolah berkolaborasi dengan industri untuk menentukan capaian pembelajarannya. Penyusunan kurikulum didampingi oleh tim dari lembaga pendidikan  Lasalle dari Surabaya dan tim desainer Poppy Dharsono. “Semoga ke depannya karya-karya siswa SMK Negeri 3 Magelang lebih dikenal dan diminati masyarakat luas sebagai karya anak bangsa dengan branded d'JeLiPatnya.  Dan Alhamdulillah tahun ini ada karya siswa laki-laki yang ikut di ajang fashion show ini. Hal ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki bisa menampilkan karyanya melalui desain dan jahitannya. Semoga Indonesia Fashion Week pada bulan Ramadan ini memberikan keberkahan pada SMK Negeri 3 Magelang dan semua karya siswa SMK Negeri 3 Magelang diakui dan diterima sebagai karya SMK secara nasional,” tambahnya,” tambahnya.

        

Sus Triyati, S.Pd. selaku Ketua Kompetensi  Keahlian Tata Busana mengatakan sangat terharu dan bangga karena karya anak-anak  bisa tampil di catwalk berskala nasional. Dalam mengikuti  kegiatan ini persiapan yang dilakukan selama 3 tahun . Pesan beliau, ‘Jangan mudah puas dengan pencapaian saat ini, terus bersemangat belajar dan tunjukkan kompetensi di ajang yang lebih tinggi lagi, dan untuk adik tingkat yang masih berada di kelas X dan XI, kalian dapat melihat prestasi kakak kelas, siapkan dari sekarang dan pacu diri untuk mengikuti jejak kakak kalian dengan peningkatan capaian  yang lebih baik lagi.”

    

Dra Yuli Hastuti selaku guru pembimbing menyampaikan  selamat kepada tim Rizka dkk karena karyanya terpilih untuk  mewakili sekolah di ajang bergengsi tingkat Nasional IFW. Tidak dapat dipungkiri minimnya durasi pembelajaran praktik , akibat pandemi Covid- 19 yang sudah berjalan dua tahun ini, sangat berpengaruh terhadap kompetensi dasar yang dikuasai oleh peserta didik. Namun,  hal itu tidak menyurutkan  semangat  dan langkah tim hebat ini untuk  mewujudkan  impiannya. Ketekunan, kerja keras , kerja cerdas dan kerja tim yang solid sehingga segala kendala yang terjadi  dapat diatasi dengan baik. Tentu saja semua tak lepas  karena adanya  choaching / pendampingan secara intensif khususnya pada proses pembuatan pola dan teknik jahitnya menuntut kreatifitas dan ketelitian tingkat tinggi. Semoga  karya spektakuler  ini dapat menginspirasi  bagi siswa siswi yang lain untuk terus berkarya. Jangan pernah berhenti untuk terus belajar, berproses dalam meraih mimpi besar kalian menjadi seorang desainer ternama  yang dapat mengharumkan  nama keluarga,  almamater, bangsa dan Negara,” Sekali lagi congratulation anak-anak hebat atas pencapaiannya di even Jakakarta Fashion Week 2022,” tambahnya.  

    

 “Awalnya sangat terkejut dan sama sekali tidak menyangka karya kami terpilih untuk ditampilkan di Indonesia Fashion Week (IFW) .  Alhamdulillah saya sangat bersyukur, dapat bertemu secara langsung dengan para desainer nasional, melihat secara langsung hasil karya desainer ternama, rasanya senang sekali dapat pengalaman baru, menambah wawasan belajar, dari membuat desain, pola sampai pengecekan ukuran untuk model sampai persiapan akan show, Impian saya suatu saat jika akan membuka butik sudah ada wawasan dan pengalaman.” kata Rizka. Ia juga mengucapkan terima kasih  kepada Ibu Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar yang sudah memberikan kesempatan dan support kepada kami dalam mengikuti Fashion show ini.

       

Semoga Indonesia Fashion Week pada bulan Ramadan ini memberikan keberkahan pada SMK Negeri 3 Magelang dan semua karya siswa SMK Negeri 3 Magelang diakui dan diterima sebagai karya SMK secara nasional.

(Ning/Yuli/Dian/Umi)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT