SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Workshop PJBL Di SMK N 3 Magelang

Kamis, 14 April 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 93 Kali

MAGELANG_ SMK Negeri 3 Magelang menyelenggarakan kegiatan Pengembangan Kompetensi Guru melalui Workshop Pembelajaran Project Based Learrning ( PJBL) pada Kamis (14/ 4) di aula sekolah setempat.

        

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar, selaku kepala SMK Negeri 3 Magelang mengatakan titik berat Kurikulum Merdeka pada pembelajaran berbasis projek dengan mengintegrasikan pembelajaran mata pelajaran umum di mata pelajaran kejuruan. Bapak/ Ibu pengampu mapel kejuruan diminta menyusun projek terlebih dahulu kemudian disampaikan secara jelas dan terstruktur kepada semua guru sehingga mata pelajaran umum bisa masuk ke dalam projek tersebut.” Perlunya kolaborasi antarmapel umum dan kejuruan, “ tambahnya. Di samping itu, SMK Negeri 3 Magelang terpilih menjadi salah satu sekolah piloting pengimplementasian Teaching Factory dengan PJBL, yang diharapkan peserta didik semakin terampil, percaya diri dalam mempresentasikan hasil karyanya, dan  bisa diterima oleh masyarakat.

            

Drs. Ramelan, M.Si. selaku praktisi dari Direktorat SMK bidang penilaian menyampaikan bahwa Kurikulum Merdeka mengarahkan peserta didik untuk berkembang sesuai minat dan bakatnya, sehingga untuk  fase E  dipastikan passion ( gairah), literasi, numerasi, kreativitas, berpikir kritis, dan softskills dikuatkan karena menjadi fondasi untuk pembelajaran di kelas selanjutnya.

 “ Siswa dikirim ke DUDI untuk melihat dan mengamati, sampai dengan “mampu”melihat masa depan dirinya atau akan menjadi apa? Teknisi, engineer, manajer, entrepreneur, atau apa sesuai dengan passion, minat dan bakatnya,” ujarnya.

           

Pembelajaran di fase F sudah konsentrasi jurusan sehingga diperlukan kolaborasi antarsemua mata pelajaran sesuai dengan tema projek yang sudah diprogramkan dengan menggunakan jadwal blok penuh.

          

Kegiatan diikuti oleh semua guru dari lima kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 3 Magelang, yakni Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broascasting dan Perfilman, dan Busana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

Penulis Tim Jurnalistik Skaniga: Umi Khayah Rusiyanah, S.Pd,

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT