SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 3 MAGELANG GELAR SALON PROMO RAMADHAN

Selasa, 12 April 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 455 Kali

Pendidikan Kejuruan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi salah satu program kebijakan prioritas pemerintah Indonesia. Hal ini dilihat dari berbagai program pemerintah untuk SMK, mulai dari SMK Revitalisasi, SMK Center of Excellence, dan yang paling baru adalah SMK Pusat Keunggulan.

Dari berbagai program tersebut difokuskan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Kualitas SDM yang dimaksud dibentuk melalui pendidikan kejuruan. Hal ini tentu akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Untuk menyiapkan masa depan yang sejahtera tersebut, siswa SMK dibekali ilmu kewirausahaan. Agar terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya. Selain itu diharapkan memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis. Sekaligus terbentuknya karakter wirausaha dan pembiasaan nilai-nilai kewirausahaan ke dalam tingkah laku peserta didik.

  

Kegiatan Ramadhan

Dalam rangka memanfaatkan peluang sekaligus melatih jiwa kewirausahaan peserta didik, Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Magelang mengadakan kegiatan kewirausahaan berupa Gelar Salon Promo Ramadhan selama bulan Ramadhan 1443 H. Dalam satu kelompok yang terdiri dari Lima hingga Enam anak membentuk salon secara mandiri. Di mana setiap anak wajib mencari pelanggan minimal satu kali pelayanan.

Peserta didik dilatih untuk mengelola suatu usaha. Mulai dari pembuatan poster, mengelola manajemen salon, promosi, marketing, pelayanan salon, hingga pengelolaan keuangan. Dari kegiatan tersebut peserta didik ditempa untuk menjadi seorang wirausaha andal.

Menu pelayanan meliputi layanan salon kulit dan rambut. Di antaranya perawatan wajah dan rambut, perawatan tangan dan kaki, perawatan badan, pewarnaan dan pelurusan rambut, rias wajah dan rias kuku. Pelayanan tersebut dilengkapi dengan alat-alat listrik yang tersedia di ruang praktik Tata Kecantikan.

Pelaksana layanan adalah peserta didik kelas XII Tata Kecantikan, sehingga sudah mampu untuk melakukan pelayanan dan pengelolaan usaha dengan baik. Selain itu harga pelayanan salon ditetapkan tidak kalah dengan salon-salon yang sudah profesional namun diberikan potongan harga supaya lebih menarik perhatian pelanggan. Beroperasi pada hari kerja Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB di ruang praktik Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Magelang.

  

 

Karakter Kewirusahaan

Manfaat yang diperoleh peserta didik ketika mengikuti kegiatan kewirausahaan adalah terciptanya karakter kewirausahaan. Karakter kewirausahaan yang diperoleh peserta didik yaitu: pertama, peserta didik memiliki tanggung jawab atas usaha yang dilakukan. Mengingat usaha salon yang dikelola dimulai dari diri sendiri untuk sendiri, meskipun dalam kelompok namun berhubungan dengan masyarakat luas.

Kedua, peserta didik memiliki keyakinan untuk sukses. Dalam usaha yang dilakukan, peserta didik ditempa oleh proses sehingga berkeyakinan besar untuk sukses di masa depan berkat pengalaman yang sudah dilalui. Ketiga, Orientasi masa depan, yakni memiliki visi dan misi jangka panjang. Sejalan dengan program kebijakan pemerintah, kegiatan kewirausahaan yang bersvisi dan memiliki misi jangka panjang ini diharapkan mampu mensejahterakan peserta didik di masa depan sebagai SDM yang berkualitas dan menjadi wirausaha andal. [Sumiatun]

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT