SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Siswa SMK Negeri 3 Magelang Ikuti UKBI Adaptif Merdeka

Rabu, 02 Maret 2022 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 303 Kali

MAGELANG_Siswa kelas X SMK Negeri 3 Magelang mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia ( UKBI ) Adaptif  Merdeka bagi Pelajar pada pekan ke-4 bulan Februari 2022 di Laboratorium Bahasa sekolah setempat.

UKBI merupakan tes standar untuk mengetahui kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia yang desain ujinya disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji, mulai dari kemahiran yang terendah hingga kemahiran yang tertinggi. UKBI adaptif merupakan tes kemahiran berbahasa Indonesia yang berbasis komputer dan penyajiaannya dilakukan berdasarkan kemampuan dari peserta . Hal itu terlihat pada jawaban peserta pada paket yang diberikan, yang dianalisis secara otomatis dengan menggunakan algoritma komputer.

 UKBI Adaptif dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan pelaksanaan ujinya dilakukan secara daring penuh.

 

           

Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan kepada siswa bahwa bahasa Indonesia memiliki alat tes standar yang digunakan untuk menguji tingkat kemahiran berbahasa Indonesia. Juga untuk meningkatkan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia.

Giat UKBI Adaptif Merdeka bagi Pelajar di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII diikuti oleh para sisiwa SMA dan SMK di wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temanggung, dan Kota Magelang yang dikoordinasikan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah.

Kegiatan UKBI diikuti oleh peserta didik kelas X sebanyak 39 anak dari 5 program keahlian yakni, Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broadcasting dan Perfilman, dan Busana. Pada saat pendaftaran UKBI anak-anak SMKN 3 Magelang tanggal 14 Februari 2022 sudah diberikan pos-el dan sandi agar dapat masuk ke dalam situs UKBI.

Pelaksanaan kegiatan UKBI  dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 08.00-09.40,  sesi kedua pukul 10.00-11.40 dan sesi ketiga pukul 13.00-14.40. Peserta didik yang mengikuti UKBI diharapkan agar datang ke sekolah lebih awal yakni 30 menit sebelum sesi berlangsung untuk persiapan perlengkapan maupun persiapan diri. Siswa-siswi  ditransit di ruang perpustakaan untuk menunggu sesi sebelumnya selesai. Pada kegiatan ini siswa-siswi sudah difasilitasi komputer berkamera beserta headset nya. Peserta memilih paket 1 yang berisi 3 kegiatan,  pertama adalah mendengarkan, kedua merespon kaidah dan  ketiga adalah membaca. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Penulis Tim Jurnalistik Skaniga: Cintya Laila Ardiningrum/ Umi Khayah Rusiyanah

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT