SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

GELAR KARYA PRODUK P5BK DI SMKN 3 MAGELANG

Sabtu, 18 Desember 2021 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 196 Kali

MAGELANG- SMKN 3 Magelang mengadakan acara Gelar Karya Produk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja ( P5BK) pada Kamis-Jumat tanggal 16-17 Desember 2021 di selasar sekolah setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk merayakan pencapaian peserta didik dan kontribusi pendidik/ tenaga kependidikan SMKN 3 Magelang dalam kegiatan P5BK( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja), mengakui pentingnya nilai layanan sekolah kepada semua pihak, dan  mengakui pentingnya keterlibatan warga sekolah dalam masyarakat dan lingkungan sekolah.

Gelar karya ini merupakan puncak kegiatan pembelajaran P5BK dengan tema kewirausahaan, budaya kerja dan kebekerjaan . Pembelajaran diawali dengan mempelajari  modul P5BK dengan  ketiga tema tersebut yang diunggah di LMS Moodle. Dilanjutkan dengan kegiatan seminar kewirausahaan dengan narasumber tokoh wirausahawan yang dapat menginspirasi dan memotivasi peserta didik untuk membangkitkan dan menguatkan jiwa wirausahanya. Dengan pendampingan bapak ibu guru pengampu P5BK, para peserta didik berdiskusi untuk menentukan produk  herbal dan menyusun proposalnya. Langkah selanjutnya mempresentasikan proposal di hadapan bapak ibu guru dan teman-teman sekelasnya. Kemampuan berkomunikasi peserta didik untuk memaparkan ide atau gagasan tentang produk yang akan dibuat serta menjawab pertanyaan dari bapak ibu guru pendamping menjadi point tersendiri. Peserta didik secara berkelompok membuat produk sesuai dalam proposal dan divideokan. Di samping itu, para siswa juga belajar membuat nama produk yang unik dan menarik serta menentukan kemasan produknya.

           

 

Kegiatan Gelar Karya Produk P5BK tahun 2021 diikuti peserta didik kelas X sebanyak 389 orang dari 5 program keahlian, yakni Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broascasting dan Perfilman, dan Busana. Mereka tergabung dalam 76 stand.

Produk-produk yang dipamerkan dalam acara tersebut berupa produk herbal, di antaranya  1) makanan, seperti klepon, getuk, lojedor, ginger cake, brownies kayumanis, onde-onde jahe, spenger cookies, pudot, puding jahe, puding kayu manis, sour soup paper,  dll. 2) minuman, seperti dawet, wedang uwuh, sakesema, wedang kunir asem, beras kencur, susu kencur, w’dank bandrek, pea flower tea, milk ginger tea, boby herlambang, jakuas, butterfly tea lang, teh mawar, dll. 3) kosmetik seperti lulur scrab, lulur herbal, dan sabun 3 temu.

Pengunjung Gelar Karya Produk P5BK berasal dari warga SMK Negeri 3 Magelang dan tamu dari SMK negeri 1 Bojongsari Purbalingga yang pada tanggal 16 Desember 2021 sedang berkunjung di SMK Ngeri 3 Magelang. Anak-anak senang karena dagangannya laris diborong  para tamu.  Baik pengunjung  maupun peserta kegiatan  menerapkaan protokol kesehatan, di antaranya mengenakan masker.

Karena kegigihan dalam menawarkan produk pada semua warga sekolah, ananda Shabrina Devi Armyanty Salechah dari X Kuliner 3 mendapatkan piagam Bintang Kebaikan dari Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) SMK Negeri 3 Magelang.

                                 Penulis Tim Jurnalistik Skaniga

                                            

                                     Umi Khayah Rusiyanah

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT