SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

SOSIALISASI ANTI PERUNDUNGAN DI SMKN 3 MAGELANG

Senin, 27 September 2021 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 214 Kali

SMK Negeri 3 Magelang – Mengadakan Sosialisasi Anti Perundngan untuk Agen Perubahan Senin, 27 September 2021. Sosialisasi ini merupakan program dari pemerintah yang dikembangkan di tiap-tiap sekolah.  Kegiatan ini diikuti oleh 14 guru sebagai Fasilitator Agen Perubahan, 30 siswa agen perubahan di aula sekolah dan 70 siswa perwakilan lainnya di rumah melalui zoom.

Sebagai pembuka, para peserta diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serempak, dan dilanjutkan doa bersama. Kemudian, sambutan sekaligus membuka acara sosialisasi oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Ibu Winarni, S.Pd. Acara sosialisasi resmi dibuka pukul 8:42 WIB.

Masuk ke acara inti, yaitu penyampaian materi 'bullying' yang disampaikan Fasilitator Ibu Nurlaila Kurniawati, S.Pd. Isi materi yang disampaikan seputar pengertian dan bentuk-bentuk bullying, mitos dan fakta tentang bullying, dan langkah-langkah penanganannya.

“Dampak bullying sangat berbahaya, bahkan korban bisa sampai bunuh diri. Jadi, kita diminta untuk waspada” tegas Ibu Nurlaila. Beliau juga berpesan, saat kita menyaksikan aksi bullying diharapkan agar kita menjadi pembela dan segera menghentikan aksi tersebut. Pembela disini adalah pembela orang yang di bully, bukan orang yang mem-bully.

Acara selanjutnya penyampaian sosialisasi program Roots oleh Ibu Winarni, S.Pd. Beliau mengatakan Program ini merupakan program uji coba pencegahan perundungan yang telah dikembangkan UNICEF di Indonesia sejak 2017-2020. Tujuannya untuk menyebarkan pesan dan perilaku baik di lingkungan sekolah khususnya teman sebaya melalui 'Agen Perubahan'. Ditengah-tengah sosialisasi tersebut, diselingi yel-yel untuk meningkatkan semangat para peserta.

Dalam Sosialisasi tersebut juga dijelaskan sebagai agen perubahan harus mengetahui 15 modul yang harus dipelajari. Modul pertama yaitu Perkenalan, Peraturan Dasar, dan Kotak Perubahan. Modul ke dua yaitu diskusi tentang Ayo Berpikir Buat Perubahan. Modul ke tiga yaitu Kepemimpinan dan Perilaku Asertif. Modul ke empat yaitu Kepemimpinan dan Perilaku Asertif. Modul ke lima yaitu Pengenalan Menstruasi dan Kartu Pujian. Kartu ke enam yaitu membuat Kartu Perilaku Positif. Modul ke tujuh yaitu Tantangan berikan Perubahan dan membuat Poster Perilaku Positif. Modul ke delapan yaitu Membuat Poster tentang Bulliying dan Persiapan Roots Day. Modul ke sembilan Permainan Peran/ Roole Play tentang Lingkaran Bulliying. Modul ke sepuluh yaitu Membuat Hashtag/ Slogan kata-kata Perilaku Positif. Modul ke sebelas yaitu Merencanakan Aksi Roots Day. Modul ke dua belas yaitu Membuat Tabel Kata Terlarang dan Membuat Poster Pusisi, Video, dan Pantun. Modul ke tiga belas yaitu Tantangan untuk Ayah dan Ibu dan Rancangan Kata Positif. Modul ke empat belas yaitu Roots Day (Deklarasi Anti Perundungan. Modul ke lima belas yaitu Evaluasi Roots Day.

Terakhir, sebelum penutupan para peserta agen perubahan diminta untuk menyanyikan lagu dan yel-yel agen perubahan.berikut ini adalah syair Lagu Agen Perubahan dan Lagu Agen Perubahan SMK 3 Magelang.

SYAIR LAGU “AGEN PERUBAHAN”

Aku kamu agen perubahan

Kamu aku agen perubahan

Kita semua agen perubahan

Kerjasama buat perubahan

          Mari berkawan,bukan cari lawan

          Saling bersahabat ,tolak perundungan

          Semua bahagia,Tanpa kekerasan

          Bergandengan tangan,buat perubahan

                                           

SYAIR LAGU “AGEN PERUBAHAN SMKN 3 MAGELANG”

Kami siswa smk tiga magelang

Siap jadi agen perubahan

Siap mendukung anti perundungan

Jadi siswa cinta perdamaian

Mari kawan kawanku semua

Hindarilah setiap kekerasan

Hidup nyaman kawan  Hati bahagia

Mari kita buat perubahan

 

Tim Jurnalistik Fitri Aristiani X Busana 1 dan Zalfaa Salsabiil Naya X Boga 2

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT