SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Seminar “Mengenal Tokoh Inspirasi Wirausahawan Indonesia”

Sabtu, 30 Oktober 2021 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 100 Kali

MAGELANG- SMK Negeri 3 Magelang menyelenggarakan seminar yang bertajuk” Mengenal Tokoh Inspirasi Wirausahawan Indonesia” dalam pembelajaran P5BK ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja) pada hari Jumat, 29 Oktober 2021 di aula sekolah setempat.

Kegiatan dimulai pukul 07.45 WIB dengan bacaan basmallah yang dipimpin oleh Umi Khayah Rusiyanah, S.Pd. selaku pembawa acara.

Sutji Sadarini, S.Pd. waka Kurikulum, dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf karena Plt. Kepala SMK Negeri 3 Magelang, Ibu Mila Yustiana, S.Pd.,M.M.Par. tidak bisa bersama anak-anak  dikarenakan  ada acara yang waktunya bersamaan dengan kegiatan ini. Beliau berpesan agar anak-anak dapat belajar dari narasumber yang dihadirkan untuk mengembangkan jiwa  kewirausahaan dan nilai-nilai positif yang bermanfaat dalam kehidupan.

Acara selanjutnya sosialisasi P5BK yang dipaparkan oleh Ibu Sutji Sadarini. Profil Pelajar Pancasila itu seperti apa? Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. P5BK ini mata pelajaran baru yang ada di SMK Pusat Keunggulan dan mulai berlaku tahun 2021 untuk anak-anak kelas X. Ada 6 dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila, yakni (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlaq mulia, (2) berkebinekaan global, (3) bergotong royang, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif. Untuk semester pertama, tema yang disampaikan ke peserta didik adalah budaya kerja, kebekerjaan, dan kewirausahaan.

           

Tema kewirausahaan dengan mengadakan seminar yang dilaksanakan hari ini. Narasumber yang dihadirkan Ibu Itur Yuliastik, owner CV Totalindo Gemilang yang bergerak di bidang minuman herbal. Beliau menceritakan jatuh bangun yang dialaminya hingga bisa sukses dengan produknya sekarang Rempon Ndoro. “ Wani nggetih, wani perih,” tutur beliau. Beliau juga menyampaikan kepada semua anak untuk selalu ingat Sang Pencipta, libatkan segala urusan dengan-Nya. “ Takut kepada Tuhan, apa adanya, dan tidak menghianati proses,” tambahnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas X dari lima program keahlian, yakni Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broadcasting dan Perfilman, dan Busana, dan Bapak Ibu guru pengampu P5BK, dengan rincian 327 orang siswa mengikuti secara daring dan 66 orang siswa secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.  

“ Acaranya seru dan menyenangkan,” kata Fitri, siswa kelas X busana 1 yang mengikuti secara daring. Siswa yang mengikuti secara luring juga banyak mengajukan pertanyaan.

Penulis Tim Jurnalistik Skaniga: Fitri-Ade-Umi Khayah R

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT