SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Workshop Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek Di SMKN 3 Magelang

Minggu, 17 Oktober 2021 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 141 Kali

MAGELANG- SMK N 3 Magelang menyelenggarakan Workshop Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek bertempat di ruang guru Normatif Adaptif sekolah setempat pada hari Sabtu-Minggu ( 16-17/10).

Acara dimulai pukul 08.00 dengan berdoa bersama dipimpin oleh pembawa acara ( Maesaroh, S.Pd), dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Pembacaan doa disampaikan oleh Endri Aribowo, S.Sn. merupakan acara berikutnya.

Mila Yustiana, S.Pd., M.M.Par. selaku Plt. Kepala SMK Negeri 3 Magelang menyampaikan bahwa selama ini sekolah sudah melaksanakan teaching factory tapi belum sempurna. “ Semoga dengan kegiatan ini kita mendapat pencerahan tentang teaching factory sebagai model pembelajaran praktik kejuruan yang akan menyempurnakan kekurangan selama ini,’ katanya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, DR. Nikmah  Nurbaity, S.Pd.,M.Pd.BI. mengatakan bahwa peserta didik perlu dilatih untuk menuliskan visi pribadi sehingga mereka punya motivasi besar untuk mewujudkannya. Setelah peserta didik bertemu dengan guru/ orang-orang yang sukses, mereka diminta untuk menuliskan testimoni sehingga mereka tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif di sekitarnya serta bisa merawat visi pribadinya untuk jangka panjang. Setelah memberikan sambutan, Ibu Nikmah membuka acara secara resmi dengan bacaan basmallah.

                   

Drs. AR Hartono, M.M.Pd., Kepala SMK Negeri 2 Slawi dalam paparan yang berjudul Teaching Factory sebagai Model Pembelajaran Praktik Kejuruan ( Pembelajaran  Berbasis Proyek), menyampaikan teaching Factory adalah suatu wahana/ model pembelajaran praktik pada pendidikan kejuruan  yang melibatkan semua peserta didik untuk berpartisipasi dalam menghasilkan suatu produk ( barang/ jasa) melalui proses pembelajaran yang berbasis indutri dan tidak berorientasi mencari keuntungan. Sedangkan prinsip teaching factory : efisiensi, efektivitas, keterpaduan, dan kolaborasi.

Sri Prihartino, S.Pd. dari SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal memaparkan penyusunan jadwal blok untuk kurikulum SMK Pusat Keunggulan dan penyusunan job sheet.

Acara tersebut dihadiri oleh semua guru kejuruan dari lima program keahlian di SMK Negeri 3 Magelang: Perhotelan, Kuliner, Kecantikan Kulit dan Spa, Broadcastting dan Perfilman, dan Busana, tim manajemen dan staf waka kurikulum sekolah setempat.

Selama dua hari peserta belajar menyusun jadwal blok dan membuat job sheet sesuai program keahlian masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, misalnya memakai masker, menjaga jarak, menggunakan hand sanitizer, dll.

                                             Penulis Tim Jurnalistik Skaniga

 

                                                     

                                             Umi Khayah Rusiyanah, S.Pd.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT