SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Sosialisasi AN untuk Siswa Peserta ANBK Tahun 2021

Sabtu, 21 Agustus 2021 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 381 Kali

MAGELANG- SMK Negeri 3 Magelang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Asesmen Nasional kepada Siswa Peserta ANBK di aula sekolah setempat, pada  Jumat tanggal 20 Agustus 2021.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB dengan berdoa bersama, untuk hadirin yang beragama Islam dengan membaca basmallah dipimpin oleh Ibu Winarni, S.Pd. selaku pembawa acara.

Tujuan penyelenggaran acara ini untuk memberikan informasi  tentang Asesmen Nasional Berbasis Komputer kepada para siswa peserta ANBK dan memberi penguatan kepada peserta bahwa mereka dipilih oleh sistem kemendikbudristek untuk menjadi responden dalam kegiatan ANBK.

Mila Yustiana, S.Pd., M.M.Par. selaku Plt. Kepala SMK Negeri 3 Magelang menyampaikan ucapan selamat kepada anak-anak yang sudah terpilih oleh kemendikbudristek dalam kegiatan ANBK. “ Anak-anak akan menjadi duta sekolah dalam ANBK. Persiapkan dengan baik, jaga kesehatan, dan harus semangat,” tambahnya.

 

      

 

Umi Khayah Rusiyanah, S.Pd. mengatakan bahwa Asesmen Nasional itu sebuah program penilaian mutu sekolah untuk memotret hasil belajar, kualitas belajar mengajar, dan iklim sekolah. Peserta ANBK tahun 2021 terdiri dari siswa ( dipilih oleh kemendikbudristek), semua guru, dan kepala sekolah.

Hasil belajar dinilai dengan menggunakan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. Sedangkan kualitas belajar mengajar dan iklim sekolah dinilai menggunakan instrumen Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Kompetensi Minimum yang selanjutnya disingkat AKM adalah pengukuran kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi).

Survei Karakter adalah pengukuran terhadap sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) berdasarkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila, yaitu (1) beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlaq mulia, (2) berkebinekaan global, (3) mandiri, (4) bergotong royong, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif.

Survei Lingkungan Belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

Suko Retno Palupi,S.Si. menyampaikan program pendampingan untuk siswa peserta ANBK akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Agustus 2021  sampai  saat pelaksanan ANBK. Pendampingan dilakukan secara luring/ tatap muka dan daring menggunakan LMS Moodle.

 

Waka Kesiswaaan, Winarni, S.Pd. memaparkan tentang profil SMK Negeri 3 Magelang dengan lima program keahlian yang dimiliki, yaitu perhotelan, kecantikan kulit dan rambut, tata boga, tata busana, dan multimedia.

Siswa peseta ANBK tahun 2021 merupakan peserta didik kelas XI  sebanyak  45 orang, dengan cadangan 5 orang. Rinciannya dari  4 orang dari kompetensi keahlian Multimedia , 7 orang dari Perhotelan, 9 orang dari Tata Boga, 11 orang dari Kecantikan Kulit dan Rambut, dan 19 orang dari Tata Busana.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh  waka kurikulum, waka kesiswaan, siswa peserta ANBK, guru- guru mata pelajara bahasa Indonesia, guru-guru matematika, proktor, dan teknisi ANBK.

Seluruh peserta kegiatan mengenakan masker dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan ditutup pada pukul 11.30 dengan bacaan hamdallah bersama.

 

                                               Penulis Tim Jurnalistik Skaniga

                                                              

                                                      Umi Khayah Rusiyanah

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT