SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

ENDANG TRI PAMULARSIH, S.Pd. MEMENANGKAN SAYEMBARA 1.000 VIDEO PEMBELAJARAN SMK TAHUN 2020

Rabu, 30 Desember 2020 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 236 Kali

Endang Tri Pamularsih, S.Pd. seorang guru kompetensi keahlian tata kecantikan kulit dan rambut  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 ( SMK N 3 ) Magelang memenangI Sayembara 1.000 Video Pembelajaran  Praktik Kejuruan SMK Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Latar belakang diadakannya sayembara ini adalah pengembangan karya kreatif dalam pembelajaran, memberikan solusi kepada peserta didik dalam masa pandemi Covid-19 agar mendapat layanan pembelajaran, menyediakan materi pembelajaran praktik yang dapat diakses peserta didik  secara mandiri, dan memberi ruang untuk berekspresi kolaborasi SDM dalam bentuk karya nyata.

 

  

 

Sayembara ini bertujuan untuk 1) menyediakan media pembelajaran kejuruan bagi SMK, diutamakan untuk semester gasal kelas X, XI, XII, dan XIII. 2) menyediakan materi yang diperlukan  peserta didik SMK untuk belajar secara mandiri. 3) memberdayakan sumber daya SMK, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu pendidikan Vokasi ( BBPPMPV) dan BPPMPV KPTK. 4) merangsang kreativitas sumber daya  SMK, BBPPMPV dan BPPMPV KPTK. 5) memberikan penghargaan terhadap kreativitas dan inovasi di lingkungan SMK, BBPPMPV dan BPPMPV KPTK.

Informasi adanya sayembara 1.000 video pembelajaran SMK untuk guru dan widyaiswara  diunggah di laman SMK. Kemdikbud.go.id pada tanggal 19 Agustus 2020. Pelaksanaan sayembara menggunakan dua mekanisme,  mulai minggu ketiga bulan Agustus dengan agenda penetapan daftar materi sampai pemberian penghargaan pada minggu kedua bulan Desember 2020. Batas pengumpulan video pembelajaan tanggal 20 November 2020. Video pembelajaran yang dibuat oleh Endang Tri Pamularsih, S.Pd adalah  “ Merawat Kulit Wajah Tidak Bermasalah”, “ Merias Wajah Geriatri’, dan “ Merias Wajah Panggung”.  Ketiga video tersebut berhasil menyisihkan 762 video pembelajaran yang memenuhi persyaratan untuk dinilai para juri dalam sayembara ini.  Penilaian video dalam kegiatan menggunakan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ( SKKNI)  bukan berdasarkan jumlah banyaknya like dan subscribe penonton video di youtube.  Apalagi ketiga video yang menang tersebut, dapat diterima oleh orang-orang yang normal maupun saudara-saudara kita yang difabel, karena video – video tersebut disajikan dengan lengkap baik dari segi visual, audio, running teks maupun dubbing. Dewan juri yang berasal dari  Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu pendidikan Vokasi ( BBPPMPV)  dan para pakar dari berbagai disiplin ilmu. Video – video  tersebut dibuat sejak bulan  September 2020  sampai awal Oktober 2020 dengan melibatkan siswa dari kompetensi keahlian tata kecantikan kulit dan rambut dan kompetensi keahlian multimedia kelas XI dan XII. Yang menjadi kendala dalam pembuatan video tersebut adalah sulitnya menghadirkan peserta didik ke sekolah karena Covid-19, padahal dalam panduan sayembara dinyatakan bahwa penyajian video pembelajaran wajib dilaksanakan dengan setting tempat praktik yang di dalamnya ada unsur peserta didik. “ Video pembelajaran dibuat dengan melibatkan 8 orang peserta didik dari kompetensi keahlian tata kecantikan kulit dan rambut serta 2 orang dari kompetensi keahlian multimedia.” kata beliau.

 

  

 

 Endang Tri Pamularsih menungkapkan rasa syukur, senang dan bangga bisa memenangkan sayembara tingkat nasional ini. Ia berharap ketiga video tersebut bisa dijadikan panduan untuk peserta didik dan masyarakat umum sebagai sumber materi bagi peserta didik sesuai dengan kompetensi yang dipelajarinya. Padahal semula beliau membuat video pembelajaran  untuk memudahkan beliau menyampaikan materi ke peserta didik karena jam pembelajaran praktik yang terbatas. Seperti gayung bersambut, adanya sayembara 1000 video tersebut memberi peluang atau kesempatan  pada  bu Endang untuk mengikuti kompetisi pembuatan video pembelajaran dengan mengirimkan video – video yang sudah dibuatnya ke panitia sayembara.

Setelah Endang Tri Pamularsih dinyatakan sebagai pemenang untuk ketiga video pembelajarannya, ia ditunjuk oleh Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuat 2 buah video pembelajaran dengan unit yang sudah ditentukan, yakni 1)merawat kaki dan mewarnai kuku, dan 2) merawat kulit kepala dan rambut.

 

  

              Endang Tri Pamularsih, S.Pd.

 

Maesaroh Nurlaila, S.Pd. selaku ketua kompetensi keahlian tata kecantikan kulit dan rambut, merasa bangga dengan adanya teman guru yang berprestasi, apalagi dikaikan dengan terpilihnya SMK N 3 Magelang  menjadi SMK Center of Exelence (COE) maka dengan keberhasilan bu Endang bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi guru-guru di SMK N 3 Magelang untuk mewujudkan sekolah sebagai pusat keunggulan baik dari  sisi sumber daya manusia maupun kegiatan pembelajarannya yang inovatif.

Selamat kepada bu Endang Tri Pamularsih, S.Pd. atas prestasinya!

SMK BISA….SMK HEBAT….SMK N 3 MAGELANG LUAR BIASA

 

 

PENULIS : Tim Jurnalistik Skaniga

Umi Khayah Rusiyanah, S.Pd.

KOMENTAR

Eka setiawati - Kamis, 31 Desember 2020

Congrats bu endang

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT