SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

SOSIALISASI PENGUATAN BUDAYA KERJA SMK CENTRE OF EXELLENCE SMKN 3 MAGELANG

Selasa, 08 Desember 2020 ~ Oleh TIM Jurnalistik SMK N3 Mgl ~ Dilihat 275 Kali

MAGELANG- Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri  3  Magelang pada hari Selasa ( 8/12)  menyelenggarakan sosialisasi penguatan budaya kerja SMK Centre Of Exellence ( COE)  di Aula Lantai 3 sekolah setempat.

Acara dimulai pukul 13.00 WIB dengan berdoa bersama kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sambutan kepala sekolah ikut merangkai di acara selanjutnya. “ SMK N 3 Magelang merupakan SMK terpilih untuk menjadi SMK Centre of Exelent (COE) dari 10.000 SMK se-Indonesia dipilih 490 SMK yang salah satunya SMK N 3 Magelang. Sekolah sebagai pusat keunggulan memiliki beragam  kegiatan yang salah satunya adalah sosialisasi budaya kerja. Budaya kerja adalah pembiasaan yang dimulai dari hal-hal kecil sehingga menjadi kebiasaan/ habit yang dibutuhkan di industri dunia usaha dan dunia kerja,” kata bapak Supriyatno, M.Pd. selaku kepala SMK N 3 Magelang.

 

  

Ibu Sutji Sadarini, S.Pd. selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum yang juga menjadi nara sumber dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi penguatan budaya kerja merupakan salah satu rangkaian dari program SMK COE, di mana SMK N 3 Magelang sebenarnya sudah melaksanakan isi budaya kerja itu dan sekarang tinggal meningkatkan dan menguatkan yang sudah ada tersebut. “ Budaya kerja adalah cara pandang seseorang terhadap bidang yang ditekuninya dan prinsip-prinsip moral yang dimiliki  akan menumbuhkan keyakinan yang kuat atas dasar nilai-nilai yang diyakini, memiiki semangat yang tinggi dan bersungguh-sungguh untuk mewujudkan prestasi terbaik. Budaya kerja ini memiliki hubungan yang erat dengan produktivitas kerja dan sangat diperlukan peserta didik SMK untuk menyiapkan diri masuk ke industri dunia usaha dan dunia kerja.  

 

Ada 6 materi yang disampaikan nara sumber dalam kegiatan tersebut, yakni membangun tim kerja di sekolah, pembinaan kedisiplinan taruna, pembinaan ketarunaan, pembinaan kerohanian, pengembangan bakat dan minat peserta didik SMK, dan pembentukan karakter kerja dan kontrak belajar. Implementasinya akan bekerja sama dengan waka kesiswaan SMK N 3 Magelang, “ tambahnya.

Sosialisasi ini diikuti 15 orang siswa kelas X  dan 13 orang guru pembina OSIS, pramuka, dan UKS/ PMR. Siswa kelas X sejak diterima di SMK N 3 Magelang belum pernah bertemu dengan bapak/ ibu guru karena masih masa pandemi COVID-19 sehingga pada saat yang sama diperkenalkan bapak/ ibu Pembina OSIS, pramuka, dan UKS/ PMR tahun pelajaran 2020/2021 SMK N 3 Magelang oleh Ibu Winarni, S.Pd. selaku wakil kepala sekolah urusan kesiswaan. Pembina OSIS  di antaranya Ibu Winarni, S.Pd., Ibu Nurul Istiqomah, S.Pd., Ibu Niken Sulistyowati, S.Pd., bapak Drs. Sarjono, bapak Didit Sugiyarso, S.Pd. S.Ag., bapak Muhammad Mangsur, S.Pd., bapak Bondan Eri Cristianto, S.S,.S.Pd., Ibu Dra. Dwi Kurniyati, dan Ibu Eni Setyowati, S.Pd. Pembina pramuka di antaranya bapak Fiyan Susanto, S.Pd., bapak Panca Adhi Saputra, S.Pd.I., bapak Reza Pahlewi, S.Pd., Ibu Nurul Istiqomah, S.Pd., dan ibu Erlin Christianingrum, S.Pd. Untuk pembina UKS/ PMR di antaranya ibu Umi Khayah Rusiyanah, S.Pd., Ibu Nurlaela Kurniawati, S.Pd., dan bapak Muchamad Abdurohim.

Kegiatan sosialisasi penguatan budaya kerja dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yakni semua panitia, peserta, dan nara sumber mengenakan masker. Sebelum masuk masuk Aula SMK N 3 Magelang dimohon semua orang mencuci tangan pakai sabun atau  hand sanitizer dan duduk di kursi yang sudah diatur jaraknya.

 

 

Penulis Tim Jurnalistik Skaniga

Umi Khayah Rusianah, S.Pd

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT