SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

TATA BOGA SMK NEGERI 3 MAGELANG BANTU DAPUR UMUM PENGABDIAN PEMKOT MAGELANG

Kamis, 07 Mei 2020 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 414 Kali

Tata Boga SMK Negeri 3 Magelang ditunjuk oleh Pemerintah Kota Magelang untuk membantu dalam kegiatan Pemkot Peduli Covid-19 yaitu berupa Dapur Umum pengabdian Pemkot Magelang bagi warga terdampak covid-19. Kegiatan Dapur Umum tersebut bertujuan menyiapkan dan membagikan bantuan makan secara gratis bagi para warga terdampak seperti penganguran, orang terkena PHK, pekerja lapangan, utamanya adalah warga tidak mampu dll. Karena ini bulan puasa maka makanan tersebut adalah untuk buka puasa. Para warga dapat mendapatkan tanpa harus melalui persyaratan, cukup antri menjaga jarak, memakai masker, dan cuci tangan. 

 

    

Walikota Magelang Ir. Sigit Widyonindito, MT. saat mengunjungi Dapur Umum

 

Dapur Umum dilaksanakan di Pendopo Pengabdian rumah dinas Walikota Magelang mulai hari Kamis 7 Mei 2020 sampai dengan 21 Mei 2020. Tim Tata Boga SMK Negeri 3 Magelang yang terdiri dari para guru dan karyawan membantu menyiapkan makanan tersebut dari merancang menu, merancang bahan  sampai mengolah (memasak), dan mengemas dalam duz.  Rancangan menu dibuat dengan variasi menu sehat dan berganti tiap hari, agar tidak bosan. Sebanyak 500 duz disiapkan setiap harinya, dan akan dievaluasi untuk selanjutnya sampai menyediakan 1000 duz. Makanan pun disiapkan dengan memperhatikan hygiene dan sanitasi kesehatan, apalagi masa pandemi ini bekerja tetap mengacu pada protokol kesehatan. Dapur umum ini diharapkan dapat menjamin warga terdampak covid-19 tetap terpenuhi kebutuhan pangannya karena kondisi msa darurat pandemi ini.

 

    

Kepala SMKN 3 bersama Tim Boga dan Ibu Walikota Magelang

Kepala SMK Negeri 3 Magelang, Drs. Supriyatno, M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Magelang khususnya Bapak Ir. Sigit Widyonindito, MT Walikota Magelang yang telah mempercayakan kami Tata Boga SMK Negeri 3 Magelang untuk membantu kegiatan Dapur Umum pengabdian Pemkot. Kami langsung membentuk Tim dari para Guru Tata Boga dan karyawan. SMK Negeri 3 Magelang sebagai sekolah yang berada di Kota Magelang berupaya ikut mendukung dan peduli. Jadi saat disampaikan tawaran tersebut kami sigap siap membantu, semoga apa yang dilakukan dapat memberi manfaat dan meringankan beban saudara-saudara kita. Kami bersyukur di tengah pandemi wabah Covid-19 ini SMK Negeri 3 Magelang tetap dapat beraktivitas membantu bersama masyarakat.

 

   

 

Walikota Magelang menyediakan pendopo pengabdian sebagai tempat dapur umum, sedangkan peralatan memasak disiapkan oleh SMK Negeri 3 Magelang. Sarana prasarana peralatan di Tata Boga memang sangat memadai dan komplit karena menjadi fasilitas unit produksi, juga fasilitas praktik siswa.

 

          

 

Januwijarti, S.Pd. selaku Ketua Kompetensi Keahlian Tata Boga menyampaikan rasa senangnya dapat terlibat dalam kegiatan ini, ucapan terima kasih kepada teman-teman yang membantu baik dari Tata Boga sendiri maupun dari karyawan, juga tenaga para relawan instansi lain yang membantu. Membantu menyiapkan/memasak bagi kami sudah menjadi bidang kompetensi kami. Mungkin ini yang menjadi pertimbangan bapak Walikota menggandeng kami, mempercayakan pada ahli di bidangnya Tata Boga. Semoga yang kami persiapkan ini dapat diterima oleh masyarakat dari segi menu, rasa dll. Dan kepada Pemerintah Kota Magelang harapan kami juga merasa puas dengan pekerjaan kami. Saling membantu dan saling kerja sama.

 

        

 

 

             

 

 

Distribusi pembagian Makan Gratis oleh Walikota Magelang Ir. Sigit Widyonindito, MT. hadir pula Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina, Dandim 0705/Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto, Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ary Setyawan, Kajari Wawan Ernawan, Sekda Kota Magelang Joko Budiyono, dan sejumlah pejabat Pemkot Magelang.

 

  

 

  

 

  

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT