SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

PELEPASAN PESERTA DIDIK KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2019/2020 SMK NEGERI 3 MAGELANG SECARA ONLINE

Senin, 04 Mei 2020 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 2095 Kali

SMK Negeri 3 Magelang pada hari Senin 4/5 mengadakan Wasana Warsa (pelepasan Peserta Didik Kelas XII Tahun Pelajaran 2019-2020 secara online Video Conference (Vicon) Cisco Webex. Hal ini dilakukan sesuai kebijakan Pemerintah untuk tidak mengadakan acara bersifat mengumpulkan masa. Adanya pandemi wabah Covid-19 ini memberikan dampak perubahan dalam segala kegiatan termasuk bidang pendidikan.

SMK Negeri 3 Magelang menerapkan semua kegiatan interaksi dengan siswa melalui online, baik pembelajaran dll. Begitu pula pelaksanaan Ujian Sekolah dilaksanakan secara online dimulai tanggal 20 Maret sampai 01 April 2020. Karena situasi dan kondisi yang belum stabil pengumuman kelulusan dilakukan secara online.

 

               

(Kepala SMK Negeri 3 Magelang dan Ketua Komite)

 

Setelah pengumuman kelulusan artinya masa belajar siswa kelas XII dinyatakan selesai sehingga pihak sekolah biasanya mengadakan acara wasana warsa/pelepasan/perpisahan sebagai acara serah terima kepada orang tua.

Pelepasan siswa kelas XII untuk tahun ini memberikan makna yang berbeda, karena memang dalam suasana negara dalam masa darurat covid-19. Akhirnya semua pihak terutama para siswa harus “legowo” acara pelepasan berakhirnya masa belajar dilakukan secara online pula. Yakni menggunakan aplikasi vicon / Cisco Webex pada hari Senin tanggal 4 Mei 2020 pukul 13.00 WIB. Vicon tersebut dapat diikuti oleh semua warga sekolah setelah dibagikan alamat penggunaan aplikasi.  

 

(Pembawa acara Wakasek 2 bid kesiswaan : Winarni, S.Pd)

 

 

Acara inti vicon dipandu oleh pembawa acara Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaaan, Winarni, S.Pd. di Ruang Sidang SMK Negeri 3 Magelang. Diawali dengan pembukaan dan sambutan kepala SMK Negeri 3 Magelang, Drs. Supriyatno, M.Pd. secara inti dan resmi menyerahkan kembali para siswa kepada orang tua, yang diterima ketua Komite SMK Negeri 3 Magelang Drs. Ngaderi Budiyono. Dalam sambutannya kepala SMK Negeri 3 Magelang menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Komite sekolah yang telah banyak membantu tim manajemen sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar, terima kasih kepada Dunia Usaha dan Dunia Industri yang telah menjalin kerja sama dalam bidang Praktik Kerja Lapangan (PKL). Juga ucapan terima kassih kepada orang tua yang telah mempercayakan putra putrinya belajar di SMK Negeri 3 Magelang. kepada para siswa kelas XII yang telah lulus harapannya setelah menjadi alumni SMK Negeri 3 Magelang untuk menjadi manusia yang berkarakter, jujur, belajar sepanjang masa dan mencintai dunia kerjanya, mencintai almamater SMK Negeri 3 Magelang agar tetap dikenang masyarakat. Permohonan maaf yang sebesar-besarnya utamanya karena masa darurat covid-19 ini menyebabkan banyak kekurangan dalam hal pelayanan kepada para siswa.

 

(Sambutan Ketua Komite : Drs. Ngaderi Budiyono)

 

Ketua Komite SMK Negeri 3 Magelang secara terbuka dan ikhlas atas nama orang tua siswa menerima kembali peserta didik yang selama tiga tahun lamanya telah dititipkan di SMK Negeri 3 Magelang. Ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada pihak sekolah terutama bapak ibu guru yang telah menghantarkan dan mendampingi anak-anak sampai dengan  berhasil menempuh kelulusan ini. Ucapan mensyukuri  nikmat Allah SWT atas keberhasilan para siswa.  Kepada para siswa menyampaikan selamat dan sukses untuk hidup bermasyarakat dengan baik. selalu mengajak untuk mensyukuri semua karunia nikmat, dan atas ijin-Nya pula telah memperoleh keberhasilan ini. Kelulusan ini janganlah membanggakan diri akan tetapi ini merupakan tahap awal untuk memulai babak baru, untuk tetap senantiasa berjuang. Semoga menjadi generasi yang sholih dan sholihah. Upaya tetap melangkah menapak kehidupan masa depan dengan “DISIPLIN”. Dekat dengan Allah SWT, Istighfar memohon ampunan, Syukur, Interopeksi diri, Pantang menyerah, Ikhlas, dan Niat ibadah.

 

  

Ria Puspitasari (XII Aph 2)                   Aniwanti (XI Aph 1)     

 

Ucapan kata pamitan disampaikan oleh Ria Puspitasari (XII Aph 2) Ketua OSIS lama, berharap bahwa acara pelepasan perpisahan kelas XII ini adalah penundaan untuk bertemu kembali dan tidak dimaknai dengan perpisahan yang identik dengan perasaan sedih, walaupun penuh rasa haru dan air mata, akan tetapi agar dapat memaknai perpisahan ini dengan perasaan optimis dan bangga, untuk dapat meraih masa depan yang gemilang. Mungkin ini menjadi angkatan yang penuh cerita dimana mengakhiri pembelajaran lebih awal, angkatan pertama tanpa ujian nasional, dan harus berpisah tanpa tatap muka dan berjabat tangan. Namun untuk tetap optimis menyongsong masa depan. Ucapan terima kasih dan permohonan maaf, dan saling memaafkan. Kemudian pesan-pesan kepada adik kelas. Sedangkan pesan dan kesan mewakili kelas X dan XI disampaikan oleh Aniwanti (XI Aph 1) Ketua OSIS baru, ungkapan dimana ada pertemuan ada perpisahan, akan tetapi perpisahan ini hanya sebagai pisah raga dalam masa saja. Senantiasa saling doa tetap jalin silaturrohim, tetap menjaga dan menjunjung nama baik sekolah.

 

(Wakasek 1 bid Kurikulum : Sutji Sadarini, S.Pd)

 

Informasi hasil kelulusan disampaikan oleh Wakil kepala sekolah bidang kurikulum Sutji Sadarini, S.Pd. yaitu prestasi hasil Ujian Sekolah berbasis online peringkat  /Terbaik lulusan tahun pelajaran 2019/2020 :

  1. Peringkat I     : Gloria Tesalonika Dima Haldela (XII Tata Kecantikan 1)
  2. Peringkat II    : Regita Sekar Mayang Berlianti (XII Tata Busana 2)
  3. Peringkat III   : Nur Chasanah (XII Tata Busana 2

Penilaian karakter terbaik yaitu berupa sikap yang diamati oleh bapak ibu guru selama tiga tahun dari masing-masing Kompetensi Keahlian :

  1. Perhotelan :  Ria Puspitasari (XII Aph 2)
  2. Tata Boga : Ratri Rahma Pratiwi (XII Bg 2)
  3. Tata Kecantikan Kulit dan Rambut : Gloria Tesalonika Dima Haldela (XII Kc 1)
  4. Tata Busana : Triya Oktafina (XII Bsn 1)
  5. Multimedia : Syarifatul Sahara.

 

Pada akhir vicon ditayangkan video Buku  Kenangan kelas XII. Selamat dan sukses menjemput kesuksesan. Bagi yang belum mengikuti acara vicon pelepasan kelas XII tersebut dapat menyaksikan kembali tayangan video di chanel youtube SMK Negeri 3 Magelang. Vicon dan Youtube tersebut disiapkan oleh operator Tata Usaha SMK Negeri 3 Magelang Kharis Nadian Hudha, S.Kom. dan Muchamad Abdurochim. 

 

(Admin/Operator staf TU : Kharis Nadian Hudha, S.Kom dan Muchamad Abdurochim)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT