SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

LEPAS SAMBUT KEPALA SMK NEGERI 2 DAN SMK NEGERI 3 KOTA MAGELANG

Kamis, 05 Maret 2020 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 28 Kali

Hari Kamis (5/3) menjadi hari yang istimewa untuk dua SMK yakni SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Magelang karena mengadakan acara lepas sambut kepala sekolah. Kegiatan secara kolaborasi kerjasama dilaksanakan di Rumah Makan Mia Magelang. Dua SMK ini seperti tukar pimpinan. Sesuai SK Gubernur Jawa Tengah tertanggal 27 Februari 2019 dan Pelantikan Jabatan Kepala Sekolah pada tanggal 28 Februari 2019 di Semarang, maka Kepala SMK Negeri 3 Magelang yang semula dipimpin oleh Ibu Mila Yustiana, S.Pd.,M.MPar diganti oleh Bapak Drs. Supriyatno, M.Pd yang semula kepala SMK Negeri 2 Magelang, begitu pula sebaliknya.

Berdasarkan pergantian dua pimpinan ini maka disepakati untuk mengadakan acara secara bersama. Panitia penyelanggara secara bersama-sama dalam waktu yang singkat mempersiapkan acara lepas sambut kepala sekolah. Acara dikemas menjadi menarik bak event hajatan mantu/pengantin. Dua pasang kepala sekolah, bu Mila dan pak Pri nama panggilan akrabnya bagai dua pasang pengantin duduk berdampingan. Momenpun sangat pas sekali dilaksanakan hari Kamis karena kepala sekolah,semua dewan guru dan karyawan ketentuan memakai pakaian adat.

 

  

Sambutan lepas sambut perwakilan dari dua SMK menjadi menarik seperti acara “Pasrah-Panampi” pengantin. Dari SMK Negeri 2 Magelang oleh bapak Afif Suyono, S.Pd.,M.Pd, sedangkan dari SMK Negeri 3 Magelang oleh bapak Drs. Heri Siswanto, S.Kom.,M.Kom. Dalam sambutan mereka menuturkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah baik Ibu Mila dan Bapak Supriyatno membawa kemajuan sekolah. Dedikasi, semangat, loyalitas dan motivasi patut menjadi teladan sebagai figur kepala sekolah.

Dua SMK ini bagaikan kakak beradik, walaupun dalam bidang yang berbeda. SMK Negeri 2 Magelang dalam bidang Bisnis dan Managemen, dan SMK Negeri 3 Magelang dalam bidang Pariwisata. Masing-masing memberikan andil SMK berprestasi di Kota Magelang.

 

Dalam sambutannya Ibu Mila Yustiana, S.Pd. M.MPar menyampaikan bahwa  selama 5 tahun mengemban amanah pimpinan / kepala SMK Negeri 3 Magelang adalah dikuatkan dengan tim manajemen yang solid, bapak ibu guru karyawan dan para siswa. Ibarat rumah bu Mila salaku kepala sekolah adalah atapnya, atap itu dikuatkan olah tiang atau “soko” para tim manajemen dan pondasi kuat adalah para guru dan siswa yang hebat. Sikap optimis membawa dampak banyak kemajuan baik secara fisik sarana prasarana, dan bidang yang lain. Dalam masa kepemimpinan sejak 2015 SMK Negeri 3 Magelang banyak memperoleh prestasi diantaranya sebagai SMK Revitalisasi dari 125 SMK di Indonesia. Piloting SMK Vokasi Tata Busana dari Menteri Perekonomian dan Industri Perdagangan, Piloting penggunaan Jadwal Blok Tematik, Teaching Factory untuk produk unggulan Tata Boga Browncafies dan Tata Busana d’Jelipat. Piloting BLUD (Badan Layanan Usaha Daerah), SMK Brand Mark International. Masih banyak program-program yang harus diselesaikan dan harapannya nanti akan dilanjutkan dalam kepemimpinan bapak Supriyatno.

 

Drs. Supriyatno, M.Pd. memberikan sambutan yang disampaikan secara akrab penuh kehangatan dan suasana menjadi “gayeng” meriah. Dan merasa siap melanjutkan mengemban amanah tugas di SMK Negeri 3 Magelang. Pola kepemimpinan bu Mila selalu “mendengarkan” dan optimis “Bismillah Bisa” akan menjadi pedoman dilakukan juga.

Rangkaian acara yang dipandu oleh MC Ibu Winarni dan Ibu Murti menjadi hangat dengan syair puitis dan pantun-pantun persembahan untuk kedua kepala sekolah. Untaian munajat doa dan harapan kesuksesan dipimpin oleh Ustadz Drs. Sarjono. Kalimat harapan doa utamanya dalam mengemban amanah sebagai pemimpin. Sebagai ucapan terima kasih yakni dengan pemberian cindera mata yang disampaikan oleh Bapak Suharto, S.Pd ketua Komite SMK Negeri 2 Magelang kepada bapak Supriyatno, sedangkan bapak  Drs.Ngaderi Budiyono Ketua Komite SMK Negeri 3 Magelang kepada Ibu Mila. Acara diakhiri dengan ramah tamah berjabat tangan kepada kedua kepala sekolah.(MAE)

 

  

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT