SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

Bersama Kita Bisa Menuju Indonesia Berdaya Saing Global  

Selasa, 31 Desember 2019 ~ Oleh Vera Ira Maya Rohi ~ Dilihat 235 Kali

         Sejenak mari kita merefleksikan diri di penghujung tahun 2019 ini. Berapa banyak resolusi kita di tahun 2019 yang belum dan telah tercapai?

Sama halnya dengan setiap individu yang memiliki resolusi di tiap tahun SMK Negeri 3 Magelang memiliki resolusi yang merupakan terobosan untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki daya saing global dengan menjalin kerjasama implementasi Inpres No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Pendidikan Kejuruan dengan industri yang relevan bidang hospitality industry yaitu Atria Hotel & Conference Magelang.

          Kerjasama SMK Negeri 3 Magelang dengan Atria Hotel & Conference Magelang sejak tahun 2012 di mulai dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL) (dulunya praktik kerja industri / prakerin), alumni kompetensi keahlian Perhotelan dan Tata Boga SMK Negeri 3 Magelang juga dengan tahap perekrutan dan lolos dalam seleksi menjadi karyawan di Atria Hotel & Conference Magelang dan di tahun 2019 berlanjut dengan penandatangan nota kesepahaman program OGOS (One GM One School). Dengan pendampingan dari Hotel & Conference Magelang dalam mewujudkan link and match antara SMK bidang pariwisata dengan Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI) memberi warna baru dalam penyelenggaraan pendidikan dengan pemelajaran kolaborasi yang relevan, terkini, dan otentik dari expert yang berpengalaman di bidangnya.

        Keseriusan Atria Hotel & Conference Magelang dalam membangun pendidikan agar peserta didik dan pendidik memiliki kompetensi yang diperlukan di kancah global sesuai implikasi pemelajaran dan tuntutan abad 21 maka kedua belah pihak senantiasa secara mutualisme memberikan pengalaman belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik khususnya di bidang hospitality industry dengan beberapa core value yang memiliki karakter dasar yang diperlukan oleh setiap individu yaitu : integrity (integritas), stewardship (penatalayanan), dan respect (rasa hormat).

       Mengutip pernyataan Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo ada banyak lulusan sekolah saat ini yang tidak terserap di dunia usaha dan dunia industri, karena keterampilan mereka yang kurang relevan dengan kebutuhan industri. Sementara, dunia usaha juga kesulitan akan suplai tenaga kerja dengan kualifikasi kompetensi yang dibutuhkan akibat minimnya pelatihan. Itulah yang membuat hampir semua Negara berusaha membangun pendidikan kejuruan untuk mengasah keterampilan calon-calon tenaga kerjanya.

Terima kasih kami tujukan kepada segenap manajemen dan karyawan Atria Hotel & Conference Magelang, khususnya yang memiliki kepedulian yang besar di bidang pendidikan antara lain Bapak Chandra Irawan, CHA (General Manager), Bapak Didi Febri Handoko (Human Capital Manager), Bapak Roni Purnama (Front Office Manager), dan Bapak Rudi Wijayanto (Exc. Housekeeper)

Bersama kita bisa menuju Indonesia berdaya saing global. Semoga di tahun 2020 SMK Negeri 3 Magelang dengan Atria Hotel & Conference Magelang menjadi contoh praktik baik kerjasama yang bisa di tiru oleh makin banyak SMK dan DU/DI bidang pariwisata dalam mengatasi kesenjangan antara SMK dengan DU/DI.

#BersamakitabisamenujuIndonesiaberdayasaingglobal

#SMKBisaSMKHebat

#Akupedulimakaakuada

 

  1. TULISAN TERKAIT