SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

NABILLA OKSA DWITAMA RAIH JUARA I LKS TINGKAT PROVINSI MATA LOMBA HOTEL ACCOMMODATION

Kamis, 31 Oktober 2019 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 46 Kali

Nabilla Oksa Dwitama siswa Kompetensi Keahlian Perhotelan SMK Negeri 3 Magelang berhasil meraih Juara 1 mata lomba Hotel Accomodation pada ajang Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Tigkat Propinvi Jawa Tengah ke 28 tahun 2019 yang dilaksanakan di Purwokerto  pada tanggal 27 s.d. 29 Oktober 2019. Oksa demikian panggilan siswa kelas XII ini, menyingkirkan 26 peserta lain dari seluruh perwakilan Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

                      

Selama 3 hari, Oksa beraksi di Java Heritage Hotel Purwokerto. Kompetensi yang harus ditunjukkan oleh Oksa adalah kompetensi kognitif dan kompetensi keterampilan. Kompetensi kognitif mengukur pengetahuan seluruh peserta lomba melalui interview selama kurang lebih lima belas menit. Terdapat 3 orang juri. Masing-masing juri melontarkan 5 pertanyaan. Ranah pengetahuan yang harus dikuasai oleh peserta adalah tentang pengetahuan pariwisata (tourism knowlede), pengetahuan hotel (hotel knowledge) dan pengetahuan seksi Tata Graha  (Housekeeping section knowledge). Seluruh pertanyaan dilontarkan dalam bahasa Inggris dan harus dijawab dalam bahasa Inggris jika menginginkan nilai maksimal.

 

Adapun kompetensi keterampilan yang harus ditunjukkan Oksa adalah unit kompetensi Menyiapkan Kamar Tamu/MTK (Prepare Room for the Guest). Unit Kompetensi MKT terbagi dalam  7 elemen dengan  70 kriteria unjuk kerja (KUK).  Ketujuah elemen yang harus dipraktikkan oleh Oksa adalah set up equipment and trolley, access rooms for servicing, cleand and clear rooms, make up beds, make up bath room, dusting and restocking dan clean and store trolley and equipment (storing).  Penilaian   dilakukan oleh 3 juri yang terdiri dari 1 orang juri tingkat nasional, 1 orang juri tingkat propinsi dan 1 juri tingkat lokal Banyumas. Ketiga juri tidak hanya menilai kompetensi kognitif dan kompetensi keterampilan, namun juga menilai grooming/attitude (penampilan diri) dan lamanya peserta melakukan unjuk kerja. Dari maksimum waktu 45 menit untuk setiap peserta, Oksa mampu melakukan unjuk kerja hanya dalam waktu kurang lebih 40 menit. Selain efisiennya waktu yang ditunjukkan oleh Oksa, ternyata kemampuan Oksa dalam membuat  seni lipat handuk (towel forlding art) dalam 3 bentuk binatanglah yang mampu menarik perhatian juri. 

 

Tri Suparmi Nurasih, SST.Par., M.Pd. selaku pembimbing menyatakan bahwa tidaklah mudah mempersiapkan Oksa untuk tampil prima pada ajang ini. Latihan dilakukan secara maraton selama satu setengah bulan dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore. Lelah dan bosan serta sulitnya mencapai target yang ditetapkan, hampir membuat Oksa putus asa dan ingin mengundurkan diri dari keikutsertaan lomba. Namun berkat dukungan seluruh ibu guru Perhotelan dan teman-teman Oksa, akhirnya Oksa mampu bangkit dan mampu meraih prestasi gemilang. 

 

Mila Yustiana, S.Pd., M.Par. merasa bangga   Oksa mampu meneruskan tradisi bahwa Kompetensi Keahlian Perhotelan SMKN 3 Magelang selalu berada di 3 besar dalam ajang LKS tahunan ini. Beliau menyampaikan ucapan selamat dan juga terimakasih pembimbing, seluruh guru Perhotelan dan seluruh bapak ibu guru SMK Negeri 3 Magelang yang telah memberikan support dan do’a akan kelancaran dan kemudahan Oksa dalam meraih prestasi ini. Latihan intensif dan perjuangan keras   telah membuahkan hasil. SMKN 3 Magelang luar biasa!

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 3 Magelang?

LIHAT HASIL