SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

SEMINAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) GURU SMK NEGERI 3 MAGELANG DI UNIVERSITAS TIDAR MAGELANG

Senin, 14 Januari 2019 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 2732 Kali

Pada Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah unsur utama yang kegiatannya juga diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru, selain kedua unsur utama lainnya, yakni: (1) pendidikan;  (2) pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan. Menurut Permennegpan pula dijelaskan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) terdiri dari 3 komponen, yaitu:

  • pengembangan diri
  • publikasi ilmiah
  • karya inovatif

PKB dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru maka beberapa guru SMK Negeri 3 Magelang mengikuti seminar PTK di Universitas Tidar beberapa waktu yang lalu. Guru mempresentasikan dari hasil PTK yang telah dibuat. SMK Negeri 3 Magelang menjadi Sekolah Mitra dalam Program Dosen ke Sekolah (PDS) bekerja sama dengan Kemendikbud dan Universitas Tidar Magelang.

 

Beberapa guru yang mengikuti presentasi / seminar PTK di Universitas Tidar adalah :

  1. Suparmi, S.Pd. Guru Tata Kecantikan dengan judul PTK : “ Peningkatan ketrampilan membentuk hairpiece menggunakan model pembelajaran audisi bagi siswa tingkat X Kompetensi keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut1 SMK Negeri 3 Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018.
  2. Mira Lukitosari, S.Pd.,M.Pd. Guru Bahasa Inggris dengan judul PTK : Improving Students' Activity and Students' Speaking Skill on Giving Opinion Material in "Class XI Fashion 2” of State Vocational School 3 Magelang Using Think Pair Share Technique
  3. Menik Yuliastuti, S.Pd. Guru Bahasa Indonesia dengan judul Peningkatan hasil belajar membedakan jenis-jenis kalimat verbal pada text eksposisi dengan teknik “Running Dictation” Pada kelas X APH 2.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT