SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

GURU-GURU PRODUKTIF SMK NEGERI 3 MAGELANG IKUTI DIKLAT PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DAN UJI KOMPETENSI KEAAHLIAN LEVEL 4

Kamis, 22 November 2018 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 388 Kali

Salah satu arah kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan adalah meningkatkan kualitas pendidikan vokasi serta pendidikan dan pelatihan ketrampilan kerja. Hal ini sesuai Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia dan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

Sesuai dengan kebijakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud adalah meningkatkan pemenuhan jumlah dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui program Revitalisasi terhadap guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Program diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru yang memenuhi kualifikasi Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI) Level IV dan tenaga pendidikan , agar mampu melahirkan sumberdaya manusia sesuai dengan tuntunan dunia usaha dan industri (DUDI) dan kompeten dalam bidangnya.

SMK Negeri 3 Magelang sebagai salah satu SMK Revitalisasi maka termasuk SMK yang mendapatkan kesempatan mengikuti program Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bidang Keahlian dalam rangka Revitalisasi SMK.

Guru-guru produktif  Kompetensi Keahlian di SMK Negeri 3 Magelang yaitu Perhotelan, Tata Boga, Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, dan Tata Busana. Kegiatan Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui beberapa tahap yaitu tugas On Service yaitu tugas daring yang harus dikerjakan secara mandiri dan on line, selama dua tahap dengan menyelesaikan tugas klaster kompetensi. Dilanjutkan dengan tugas In Sevice Training di tempat Pusat Pembelajaran yang ditunjuk dan dilakukan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Level IV sesuai bidang keahlian. Para Peserta juga mengikuti Post Test secara online

Pusat Pembelajaran untuk Perhotelan dan Tata Kecantikan di PPPPTK Bisnis dan Pariwisata Depok Jawa Barat. Tata Busana di PB SMK Negeri 6 Padang dan SMK Negeri 6 Semarang.  Sedangkan Tata Boga di PB SMK Negeri 6 Semarang. Uji Kompetensi Keahlian yang ditempuh masing-masing guru adalah dua klaster. Untuk Perhotelan adalah Klaster Menyediakan Layanan Bellboy / Porter, dan Klaster Menyiapkan kamar untu tamu. Tata Boga adalah Klaster Pengolahan Makanan Indonesia, dan klaster Pelayanan Makanan dan Minuman. Tata Kecantikan adalah klaster Merias Wajah Khusus dan klaster Menghias kuku (Nail Art). Tata Busana adalah klaster Pembuatan Rok dan klaster Pembuatan Blazer.

Kepala SMK Negeri 3 Magelang menyampaikan selamat kepada guru-guru produktif yang telah lulus dan dinyatakan kompeten mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Level IV sesuai bidang keahlian melalui tahapan klaster-klaster yang sudah dilakukan.  Proses  pembelajaran  di  SMK  diharapkan  dapat  lebih  optimal  melalui  peningkatan profesionalitas guru produktif. Guru  dan  tenaga  kependidikan  memiliki  peran  kunci  dalam  pembentukan  kompetensi siswa  khususnya  dalam  pembelajaran  praktik. Saya memahami dan maklum dalam melaksanakan tugas-tudas tersebut sangat berat tetapi saya yakin dengan i’tikat dan semangat para guru produktif maka semua dapat dilalui dengan hasil yang memuaskan mendapat predikat Kompeten.

 

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 3 Magelang?

LIHAT HASIL