SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

BURSA KERJA KHUSUS “ ADHI KARYA “ SMK NEGERI 3 MAGELANG

Kamis, 09 Maret 2017 ~ Oleh Kharis Nadian Hudha ~ Dilihat 588 Kali

SMK Negeri 3 Magelang sebagai lembaga pendidikan kejuruan yang mencetak calon tenaga kerja berusaha menyiapkan kelulusan para peserta didik dengan membekali ilmu dan kompetensi sesuai dengan bidangnya. Sebagai wadah dalam rangka menyiapkan kelulusan yang sesuai visi sekolah yaitu menjadi SMK yang dikelola secara profesional menghasilkan tamatan unggul, mampu bersaing di pasar global dan berwawasan lingkungan maka dibentuklah Bursa Kerja Khusus. Pendirian Bursa Kerja Khusus juga sesuai dengan keputusan bersama Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Bina Penta Departemen Tenaga Kerja.

Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 3 Magelang yang bernama “ ADHI KARYA” didirikan sejak tahun 1995. Maksud dan tujuan adalah memberikan pelayanan antar kerja kepada pencari kerja bagi para siswa dan tamatan sekolah yaitu memberikan informasi pasar kerja, penyuluhan dan bimbingan jabatan. Menghubungi perusahaan dan instansi lainnya untuk mencari kemungkinan pengisian kebutuhan tenaga kerja dan mempelajari persyaratan jabatan, serta untuk mengembangkan bentuk kerja sama ketenagakerjaan. Menyalurkan lulusan sesuai lowongan yang ada baik secara langsung atau melalui Dinas Tenaga Kerja.

Sasaran kerja dari BKK adalah mengarahkan dan menyalurkan siswa dan alumni yang berbakat untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan tersedia. Memberikan pelayanan kepada pihak-pihak yang bersedia memberi peluang kerja, baik pemerintah maupun swasta dalam hal merekrut dan seleksi. Menyalurkan para alumni ke dunia kerja sesuai kompetensi yang dimiliki dan dikuasai.

Program kerja BKK adalah dari sosialisasi BKK kepada siswa kelas XII pendataan atau melakukan penelusuran siswa.Menerima pengguna jasa dengan pendataan formasi pekerjaan, sampai melakukan penjajagan ke DuDi sebagai upaya jemput bola terhadap peluang kerja yang ada. Penjajagan sekaligus melakukan penawaran kepada perusahaan pengguna tenaga kerja mengenai persediaan tenaga kerja, selanjutnya membangun kerja sama dengan dunia industri dengan mengadakan perencanaan kerja sama yang mengacu pada nota kesepakatan bersama (MoU). BKK memfasilitasi MoU antara sekolah dan industri, sehingga MoU dapat berfungsi dengan baik sebagai acuan pelaksanaan program kemitraan. Jadi Bursa Kerja khusus merupakan unit kerja sekolah yang mempunyai tugas atau sebagai wadah komunikasi mempertemukan antara pencari kerja dengan pengguna kerja atau dunia industri. Bagi siswa sendiri juga sebagai tempat untuk konsultasi  dalam memperoleh informasi tentang dunia industri.

Informasi dan permintaan tenaga kerja dari perusahaan dan dunia industri sangatlah banyak yang masuk ke BKK, sehingga pihak BKK memberikan kesempatan dan waktu untuk agenda presentasi, sosialisasi, rekruitmen atau seleksi kepada DuDi. Kesempatan itu diberikan setelah para siswa selesai menempuh Ujian Nasional. Permintaan ataupun pesanan tenaga kerja baik yang datang secara langsung ke sekolah juga banyak permintaan melalui telepon, email dll. Apalagi seiring perkembangan dunia elektronik dan media, SMK Negeri 3 sudah banyak dikenal, karena akses informasi yang mudah didapat dengan membuka aplikasi website sebagai media sarana informasi. Terbukti banyak permintaan dari daerah lain yang melakukan telepun ke sekolah, seperti dari Kalimantan, Makasar, Bali, Jakarta dan provinsi lain. Siswa SMK Negeri 3 termasuk sekolah di wilayah pulau Jawa menjadi pilihan bagi para perusahaan untuk merebut dan meminangnya. Jadi era sekarang ini bagi lulusan dari SMK negeri 3 Magelang justru dicari dan ditunggu oleh pengguna kerja /perusahaan dan upaya perusahaan datang ke sekolah untuk melakukan seleksi. Bagi siswa sendiri tentu merasa diuntungkan karena lebih mudah dan lebih cepat mendapatkan informasi peluang kerja. Sedangkan bagi perusahaan dan dunia industri juga mendapatkan kemudahan memperoleh calon tenaga kerja yang lebih sesuai atau relevan dengan kebutuhan industri.

SMK Negeri 3 Magelang sebagai sekolah bidang pariwisata mempunyai beberapa program keahlian yaitu : Akomodasi Perhotelan, Jasa Boga, Tata kecantikan Kulit, Tata kecantikan Rambut, dan Tata Busana. Masing-masing program keahlian yang membekali kompetensi sesuai bidangnya sudah banyak peluang kerjanya. Seperti :

Akomodasi Perhotelan  : beberapa Hotel baik di wilayah Magelang, Yogyakarta, Semarang dll

Jasa Boga                      :  Hotel, Rumah Makan, Restaurant, Catering, RS Daerah dan Swasta

Tata Kecantikan            :  Salon-salon, Spa, Klinik Kecantikan dan perusahaan kosmetik

Tata Busana                  :  Garment, Butik dan perusahaan konveksi lain

Tim pengurus BKK melibatkan beberapa guru dari semua unsur program keahlian. Agenda Sosialisasi dan seleksi dari beberapa perusahaan sudah dijadwalkan oleh pengurus BKK. Informasi yang disampaikan oleh pihak BKK sekolah dikelola oleh para pengurus baik dilakukan dengan sosialisasi langsung ke kelas-kelas, melalui papan informasi, media elektronik, website, facebook, link line, whatsApp dll, sehingga siswa maupun alumni lebih mudah dan cepat mendapatkan akses informasi.

Berikut beberapa perusahaan yang berniat datang langsung untuk tahun pelajaran 2016/2017,seperti

  • PT.Cantika Puspa Pesona Martha Tilaar Jakarta
  • Essentia Spa Academy (Gaya Spa Wellness ) Jakarta
  • Larissa Aesthetic Center Yogyakarta
  • Flaurent Salon Yogyakarta
  • Nest Family Spa & Reflexiology Solo
  • Uxura Day Spa Yogyakarta
  • PT. Ungaran Sari Garment Ungaran Semarang
  • PT. Busana Remaja Agracipta Yogyakarta
  • PT. Libra Permana Bawen Semarang
  • PT. Hesed Indonesia Karang Jati Semarang
  • PT. Indomarco Prismatama Purwakarta
  • RM. Pring Sewu Yogyakarta
  • Yogya Donut’s Gamping Sleman Yogyakarta
  • RM. Solaria Jakarta
  • TOD Yogyakarta
  • City Grup Hotel Magelang
  • Hotel Sriti Magelang
  • Traning Center Practise Bangun Tapan Bantul
  • Captain’s Club Sekolah Hotel dan Kapal Pesiar Yogyakarta
  • Yogya Faight Yogyakarta
  • Dll

Beberapa upaya pihak BKK dalam menyiapkan profesional kerja bagi siswa adalah dengan melakukan pembekalan dan motivasi dengan mengundang atau menghadirkan nara sumber pakar dalam dunia industri bagi siswa khususnya kelas XII. Pembekalan itu meliputi pembinaan tentang pengembangan hard skill, pengembangan soft skill, pelatihan-pelatihan calon tenaga kerja,, pelatihan psikotest, teknis dan tips melakukan wawancara kerja, pelatihan kewirausahaan, pelatihan dasar kepemimpinan. Semangat dan manfaat yang dihasilkan dengan memberikan motivasi pada siswa sangat berarti sekali, karena siswa lebih merasa percaya diri dan merasa siap memasuki dunia kerja.

Sedangkan untuk meningkatkan kemajuan kinerja pengurus BKK maka mengadakan studi banding ke BKK di sekolah lain ataupun mengikuti diklat-diklat pengelolaan BKK. Dalam upaya membantu dan memfasilitasi dalam memperoleh pekerjaan pihak BKK juga bekerja sama dengan beberapa BKK dari sekolah lain yang terbentuk dalam forum BKK setingkat kota bahkan setingkat provinsi, dengan agenda kegiatan mengadakan Job Fair yang bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi. Upaya kerja sama dengan Dinas Tenaga kerja dan instansi terkait lainnya juga dalam rangka mencari Informasi Pasar Kerja (IPK), bursa kerja, dan informasi ketegakerjaan lainnya.

Pelayanan BKK terhadap siswa sebagai calon tenaga kerja dilakukan pendampingan dari mulai seleksi tes rekruitmen sampai dengan penempatan ke DuDi atau perusahaan, semua dilakukan sebagai wujud rasa tanggung jawab para pengurus dalam hal penyaluran. Serah terima calon tenaga kerja kepada pengguna kerja atau dudi dilakukan secara resmi dengan berita acara serah terima.

Beberapa perusahaan yang telah menjalin kerja sama merekrut siswa SMK Negeri 3 Magelang, maka pihak BKK pun juga melakukan monitoring terhadap pengguna kerja, sebagai bahan evaluasi, sinkronisasi dan masukan kelulusan siswa ke depan. Kebanggaan BKK hanyalah  bisa menghantarkan dan menjembatani keberhasilan siswa untuk memperoleh pekerjaan sesuai bidang keahlian yang dimiliki.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan keinsafan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah website ini dapat memberikan informasi tentang SMK Negeri 3 Magelang?

LIHAT HASIL