You need to enable javaScript to run this app.

Merayakan Kembali Semangat Kebersamaan dalam Kemah Bakti 2024

  • Kamis, 13 Juni 2024
  • Tim Jurnalistik
  • 0 komentar
Merayakan Kembali Semangat Kebersamaan dalam Kemah Bakti 2024

MAGELANG- Pramuka Gugus Depan 03.065-03.066 Ambalan Panglima Kedaton & Ambalan Sekar Kedaton Pangkalan SMK Negeri 3 Magelang melaksanakan kegiatan Kemah Bakti di Lapangan Sadegan, Desa Sumberarum, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang pada Hari Kamis-Sabtu,Tanggal 6-8 Juni 2024.

Kegiatan ini melibatkan peserta dari kelas 10 sebanyak 424 orang, panitia dari kelas 11 sebanyak 26 orang dan didampingi 21 orang pembina Pramuka. Kemah ini merupakan kegiatan pertama setelah masa pandemi COVID-19 yang memberikan kesempatan untuk menyatukan kembali komunitas sekolah. Meskipun cuaca menjadi tantangan, kegiatan ini tetap berlangsung dengan seru dan menarik.

Peserta memulai kegiatan dengan upacara pembukaan yang dilanjutkan  mendirikan tenda. Di sore hari, mereka berpartisipasi dalam kegiatan outbound, sementara malamnya diisi dengan pentas seni.

Kegiatan utama diisi dengan  widegame yang terbagi menjadi beberapa pos, termasuk  tanaman obat keluarga (toga), tali temali, dan pengetahuan pramuka. Pada sore harinya, dilaksanakan fashion show di aula, namun rencana api unggun pada malam hari terpaksa dialihkan menjadi pentas seni karena hujan saat itu.

Kegiatan ditutup dengan upacara penutupan dan peserta bersama-sama membersihkan tenda sebelum pulang. Meskipun terdapat hambatan cuaca, kegiatan ini berjalan lancar dan memberikan pengalaman berharga bagi semua peserta.

Panitia juga mempersiapkan kompetisi berhadiah yang diikuti oleh semua peserta. Kompetisi in dibagi menjadi beberapa kaegori antara lain, Pentas Seni, Fashion Show, K3 Perkemahan, Widegame. Pada Akhir kegiatan, Kak Winarni,S.Pd. selaku Kagudep Putri menyerahkan hadiah lomba pada sangga yang berprestasi. Sangga yang berhasil menjadi juara yaitu, Sangga Pierre Tendean (Juara Widegame), Sangga Cut Mutia (Juara K3 Perkemahan Puri), dan Sangga Kapiten Pattimura (Juara K3 Perkemahan Putra. Fashion Show dimenangkan oleh kelas X  Perhotelan 2 & Pentas Seni oleh Kelas X Broadcasting dan Perfilman (Juara 1) dan X Kuliner 4 (Juara 2).

Kegiatan Kemah Bakti SMK 3 Magelang di Sadegan tidak hanya menjadi sebuah peristiwa sekolah biasa, tetapi juga menjadi momen yang melampaui batas-batas ruang dan waktu. Di tengah-tengah pandemi yang melanda, kegiatan ini menjadi lambang kekuatan dan semangat untuk bangkit kembali. Meskipun cuaca menghalangi beberapa rencana, namun semangat dan antusiasme peserta serta kerja sama yang terjalin di antara mereka tetap memancarkan cahaya kebersamaan. Dari upacara pembukaan hingga momen-momen tak terduga di malam hari, setiap detik menjadi pelajaran berharga tentang ketangguhan, kebersamaan, dan kegembiraan dalam menghadapi tantangan. Kemah Bakti bukan sekadar sebuah acara, tetapi menjadi bagian dari perjalanan panjang menuju kesatuan dan kebersamaan yang tak tergantikan. Di Sadegan, semangat berkumpul dan berbagi tidak hanya dirasakan di antara peserta, tetapi juga terpatri dalam kenangan yang akan terus hidup selamanya.

Kak Aufaa Kusuma kelas XI Perhotelan 1 selaku ketua panitia memberikan tanggapannya, ” Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar meskipun ada kendala yang kami alami seperti cuaca. Namun kegiatan ini digerakkan oleh keinginan untuk menghidupkan semangat pramuka  setelah pandemi. Kita merencanakan dan menggelar kegiatan kemah untuk mempererat hubungan siswa dan memberikan pengalaman belajar yang beda dari biasanya. Setelah kegiatan, kita mengevaluasi suksesnya dengan melihat tanggapan peserta dan pembimbing serta melihat dampak positif yang dirasakan semua peserta.”

Begitu Pula Arini Cahya Budiarti kela X Busana 2 selaku peserta juga menyampaikan tanggapannya tentang kegiatan kemah kali ini. “Saya berharap untuk bisa belajar yang giat tentang pramuka karena saya masih kurang pemahamannya, kedua saya harap bisa menerapkan hal yang diajarkan saat berkemah, ketiga saya harus lebih meningkatkan rasa syukur saya terhadap apa yang saya jalani selama ini.”

Tim Jurnalistik Skaniga : Dennis Amri Dwi Himawan - Umi Khayah R

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Mila Yustiana, S.Pd., M.MPar

- Kepala Sekolah -

Bismillahirohmanirrohim Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh             Saya sampaikan rasa syukur alhamdulillah kehadirat Illahy Robby karena kita selalu mendapatkan kesadaran dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang Website sekolah ini?

Hasil
Banner