SMK NEGERI 3 MAGELANG

Jl. Pierre Tendean No 1 Magelang

SMK BISA, SMK HEBAT

PENYELARASAN KURIKULUM IMPLEMENTATIF BERSAMA DUNIA USAHA DUNIA INDUSTRI DAN SKEMA SERTIFIKASI LEVEL II

Rabu, 16 Mei 2018 ~ Oleh Maesaroh Nurlaila ~ Dilihat 4233 Kali

SMK Negeri 3 Magelang melaksanakan Penyelarasan Kurikulum Implementatif bersama Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan Skema Sertifikasi Level II.

Kegiatan yang dilakukan untuk semua guru-guru produktif dari semua Program keahlian yaitu Perhotelan, Tata Boga, Tata Kecantikan, Tata Busana, dan Multi Media. Berlangsung selama dua hari dari tangal 15 -16 Mei 2018.

Acara pembukaan bertempat di Ruang Meeting Hotel Citra SMK Negeri 3 Magelang dihadiri oleh Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus  Wilayah IV Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Pengawas SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah : Ibu Dra. Asturi, M.Pd. dan Master Assesor dari Yogyakarta Bp Masruri.

Hari pertama adalah pembahasan tentang pembuatan Materi Uji Kompetensi (MUK) LSP P1 dari beberapa skema yang ada di masing-masing program keahlian.

Hari kedua adalah pembahasan KI KD, Silabus dan Spektrrum mapel produktif  bersama Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dari masing-masing Program Keahlian.

  1. Perhotelan : Bambang Heri Christanta dari Executive House Keeper Hotel Jayakarta Yogyakarta
  2. Tata Boga : Jiman Budiharja dari Gereral Manager Tara Hotel Yogyakarta
  3. Tata Kecantikan : Aluysia Murianingsih dari Ria Salon Borobudur Magelang
  4. Tata Busana : Tyas Santhi Fatmasari, MBA. Dari Owner Ariesanthi Design
  5. Multi Media : Gayus Bimo Daryanto dari Pimpinan Luma Vision Banyumanik Semarang

Pendidikan menengah kejuruan berperan menyiapkan peserta didik agar siap bekerja, baik membuka lapangan pekerjaan sendiri maupun mengisi lowongan pekerjaan yang ada. SMK sebagai institusi pendidikan dituntut menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan oleh dunia kerja

Spesifikasi pembelajaran adalah berharap lulusan bisa terserap lapangan kerja yang relevan. Maka penting melakukan job matching. Mata pelajaran atau penjurusan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha atau dunia industri.

Penyelarasan Kurikulum Implementatif berupa Kurikulum SMK 2013 (revisi) pada prinsipnya adalah kurikulum yang telah diselaraskan bersama industri, Pada level sekolah yang bermitra dengan industri secara spesifik dan relevan. Penyelarasan untuk review khusus kompetensi pada mata pelajaran kelompik C2 dan C3, agar guru tidak mengalami kesulitan dalam implementasinya, maka penyelarasan kurikulum dilaksanakan sampai menghasilkan silabus, RPP dll. Sehingga betul-betul pembelajaran yang sudah diselaraskan dengan kebutuhan industri

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT